Daerah

Pemkab Rohil Jamin Hewan Kurban Layak Konsumsi

GagasanRiau.Com Bagansiapiapi - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir memastikan bahwa semua hewan kurban yang ada pada Idul Adha 1436 Hijriah layak untuk dikonsumsi.

Tidak hanya itu, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Rohil hingga saat ini juga belum menerima laporan dari masyarakat yang mengeluhkan soal daging sapi mengandung panyakit atau tidak layak di makan. Bahkan instansi terkait juga telah melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan hewan kurban yang ada layak dikonsumsi.

"Jadi bisa dikatakan bahwa kurban yang ada pada tahun ini berjalan baik dan layak konsumsi,"kata Plt Sekdakab Rohil H. Surya Arfan, Jumat (25/9).

Menurutnya, pemeriksaan hewan kurban terutama dengan melibatkan Distanak Rohil dengan mengerahkan dokter hewan hampir tersebar di seluruh kecamatan, terutama kecamatan yang merupakan sentra dan penghasil hewan ternak sapi.

"Informasi yang kami peroleh dari Distanak telah telah dilakukan pengecekan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, bahkan satu pekan terakhir menjelang pemotongan hewan kondisi hewan setelah diperiksa dalam keadaan sehat dan layak dikonsumsi,"jelas Surya.

Bukan hanya itu, sebagian besar hewan kurban kebanyakan berasal dari Rohil dan juga di datangkan dari luar daerah. Surya mengaku, masih adanya pembelian hewan kurban dari luar daerah sebagai persoalan yang perlu ditanggulangi oleh Pemkab Rohil.

"Dengan demikian kedepan perlu ditingkatkan lagi keberadaan sentra penghasil hewan ternak yang ada di daerah ini,"katanya.

Sementara itu, Kepala Distanak Rohil Muslim mengkui pihaknya telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum Hari Raya Idul Fitri dan juga mengawasi jika ada laporan dari masyarakat terkait hewan kurban pasca Idul Adha. '"Intinya kami melakukan pemeriksaan hewan itu sebelum dan setelah dipotong," katanya singkat.

Advertorial/Humas


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar