Daerah

Jembatan Jalan Layang Simpang SKA, Pemprov Riau Desain Ulang

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Bina Marga Provinsi Riau menyatakan akan mendesain ulang perencanaan Jembatan Layang pada Persimpangan Mal SKA Pekanbaru yang dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2016.

"Kita usulkan desain ulang, memang sudah ada perencanaan sebelumnya tapi tidak bisa lagi karena perubahan bangunan sekitar dan harga yang melonjak," kata Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Riau, Syafril Tamun di Pekanbaru.

Perencanaan sebelumnya diketahui akan didanai dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara. Namun karena sudah berpindahnya status Jalan Soekarno Hatta dari nasional menjadi provinsi hal tersebut tidak jadi dilakukan.

Pada perencanaan sebelumnya itu, lanjut dia, juga belum ada "Detail Engeneering Desain" jembatan layang untuk persimpangan tersebut. Yang ada hanya alternatif gambar sehingga dipilihlah yang mirip dengan Jembatan Semanggi di Jakarta.

Akan tetapi saat ini, dengan adanya pembangunan gedung baru di simpang tersebut tidak memungkinkan desain lama diterapkan karena area telah menyempit. Dengan demikian, hal itu tentunya juga akan mengurangi biaya proyek.

"Kalau desain lama anggarannya Rp318 miliar. Karena saat ini ada bangunan di depannya jadi tak bisa seperti Jembatan Semanggi, biayanya takkan sampai Rp300 miliar," ulasnya.

Saat ini, pihaknya belum bisa memastikan jumlah pasti karena sedang dihitung. Oleh karena itu, dia menggarisbawahi bahwa pada tahun 2016 adalah anggaran perencanaannya dan pembangunannya jika tidak ada kendala akan dilakukan tahun berikutnya lagi yakni 2017.

Selain simpang Mal SKA, pihaknya berencana juga akan membangun Jembatan Layang di simpang Pasar Pagi Arengka. Jalan itu simpang empat antara jalan lurus Soekarno-Hatta dengan Jalan HR Soebrantas dan Jalan Adi Sucipto.

"Tahun ini status Jalan Arengka 1 (Soekarno-Hatta) sudah jalan provinsi, kami wajib menanganinya,"imbuhnya.

Seperti diketahui, persimpangan SKA Pekanbaru sudah sangat begitu macet pada jam-jam sibuk. Begitu juga simpang Pasar Pagi Arengka yang lokasinya seperti namanya berada di dekat pasar.

Advertorial


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar