Daerah

Plt.Sekda Inhil Buka Acara Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016

GagasanRiau.Com Tembilahan - Fauzar Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Plt Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir membuka secara resmi Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 dan Sosialisasi IPM (Indeks Pembangunan Manusia ) Metode Baru di Wisma Kemuning Muda Tembilahan, Jum'at (18/12/15).

Selain dihadiri oleh Plt.Sekda, juga dari SKPD terkait, dan BUMN. Untuk narasumber dari BPS perwakilan Inhil dan perwakilan Provinsi Riau, dimana diwakili oleh Kabid Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Joni Kasmuri.

"Sensus Ekonomi diselenggarakan setiap sepuluh tahun sekali pada tahun yang berakhiran angka ‘6’, Sensus Ekonomi pertama kali dilaksanakan pada tahun 1986, 1996, 2006, 2016, sensus 2016 merupakan sensus yang ke-4,"jelas Kepala perwakilan BPS Inhil Sukarwanto,SST.

Sukarwanto juga menjelaskan, tujuan Sensus Ekonomi adalah, untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, kecuali sektor pertanian, sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan.

Dimana dikatakannya tujuan Khususnya adalah memberi gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi, serta memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi. Selain itu juga untuk mengetahui karakteristik usaha di Indonesia, juga mengetahui daya saing bisnis di Indonesia.

Dimana dalam penjelasannya dengan keikutsertaan dalam Sensus Ekonomi ini, pertama untuk melatih dan membuka lapangan kerja untuk 400-600 ribu orang. Kedua untuk pemanfaatan anggaran hingga wilayah terkecil, terpencil, dan pinggiran. Dan ketiga meningkatnya pemahaman aktifitas ekonomi ke seluruh pelosok Indonesia.

Sementara itu sambutan Plt.Sekda Inhil Fauzar mengatakan Sensus Ekonomi berbicara masalah data, dan untuk hal tersebut saat ini yang dapat dipercaya di Indonesia adalah data dikeluarkan BPS.

"Data sensus ekonomi ataupun IPM merupakan hal yang sangat penting, karena sensus ekonomi dilaksanakan untuk mendapatkan informasi potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional"ungkap Fauzar.

"Dari pemerintah Kabupaten menyambut baik, kegiatan Sosialisasi Sensus Ekonomi ini dan diharapkan peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga pada pelaksanaannya dilapangan juga baik dan benar sehingga akan menghasilkan data yang benar-benar akurat, dimana data merupakan acuan dalam melakukan pembangunan yang lebih baik lagi"tukasnya.

Humas/Daud.M.Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar