Daerah

Pj Bupati Bengkalis Hadiri Rakornas Dihadiri Presiden Jokowi Pencegahan Karlahut

Kabaghumas Setda Pemkab Bengkalis

GagasanRiau.Com Bengkalis – Bersama sejumlah Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia, hari ini, Senin (18/1/2016), Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie dijadwalkan mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2016.

Ahmad Syah yang sejak Minggu (17/1/2016) petang kemarin sudah berada di Jakarta menjelaskan, belum mengetahui persis agenda yang akan dibahas dalam rapat yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo itu.

 “Sejauh ini tentang materi yang akan dibahas dalam Rakornas itu kami belum memperoleh informasi secara pasti,” jelas Ahmad Syah sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Humas, Johansyah Syafri, Senin (18/1/2016).

Ahmad Syah menambahkan, Rakornas itu ditaja Menteri Sekretaris Negara dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut akan digelar Senin petang ini.

“Sesuai undangan yang kami terima dijadwalkan dimulai pukul 16.00 WIB. Dalam Rakornas tersebut Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan memberikan pengarahan langsung,” imbuhnya.

Di bagian lain Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Provinsi Riau ini mengatakan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bengkalis bersama pemangku kepentingan terkait tetap berkomitmen untuk mencegah terjadinya Karhutla di daerah ini.

Adapun langkah-langkah yang telah ditempuh untuk itu, katanya, diantaranya dengan terus memberikan sosialisasi atau pemahaman kepada masyarakat supaya tidak mengolah lahan dengan cara membakar.

Kemudian, memberikan instruksi kepada stakeholder terkait untuk senantiasa siaga dan tanggap serta segera melakukan langkah-langkah konkrit untuk pemadaman jika ditemukan adanya titik api agar tidak semakin meluas.

“Tim pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran bersama masyarakat peduli api serta perusahaan yang beroperasi di daerah ini sudah kita minta untuk segera merespon jika terjadi Karhutla. Alhamdulillah, semuanya menyatakan siap untuk bahu membahu mencegah terjadinya Karhutla,” pungkasnya

Humas/Mirzal Apriliando


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar