Daerah

Prof Syamsunizar Jadi Ketua Mabigus STAIN Bengkalis

Pelantikan Mabigus Gerakan Pramuka STAIN oleh Ketua Kwarcab Bengkalis, Umran digelar di Auala STAIN Bengkalis, Selasa (2/2/2016).

GagasanRiau.Com Bengkalis – Profesor Syamsunizar dipercaya untuk menakhodai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Gerakan Pramuka Sekolah Tinggi Islam Negeri (Mabigus STAIN) Bengkalis.

Pelantikan Mabigus Gerakan Pramuka STAIN oleh Ketua Kwarcab Bengkalis, Umran digelar di Auala STAIN Bengkalis, Selasa (2/2/2016). Turut dihadiri Plt Asisten II Setda Bengkalis Heri Indra Putra yang mewakili Pj Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie.

Usai pelantikan, Ketua Kwarcab Bengkalis Umran, yakin dengan kemampuan Prof Syamsunizar dalam menakhodai Mabigus Gerakan Pramuka STAIN Bengkalis. Berkat pengalaman dan pengetahuannya, maka diharapkan profeser untuk mengembangkan gerakan Pramuka di perguruan tinggi, khususnya STAIN Bengkalis.

Menurut Umran, Gerakan Pramuka mempunyai peranan besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda yang menjadi dambaan utama masyarakat, melalui pramuka maka karakter generasi muda dapat terbentuk untuk menjadi pribadi yang kuat dan handal. Terlebih lagi, kehadiran pramuka di perguruan tinggi, seperti STAIN Bengkalis, akan semakin memudahkan upaya pembinaan generasi muda yang berkarakter. Karena lingkungan kampus menjadi tempat berkumpulnya intelektual-intelektual muda yang bakal menjadi calon pemimpin bangsa.

Sementara Asisten II Setda Bengkalis, Heri Indra Putra, mengucapkan selamat dan tahniah kepada Profesor Syamsunizar sebagai Ketua Mabigus STAIN Bengkalis. Sebagai orang yang didahulukan selangkah, ditinggikan seranting, kakak Profesor Syamsunizardapat memajukan pramuka di STAIN Bengkalis dan Pramuka secara umum di Kabupaten Bengkalis.

Di era persaingan bebas yang semakin kompetitif, pemuda di daerah ini akan menghadapi persaingan di dalam daerah, daerah lain dan bahkan negara lain. terlebih lagi saat ini, sudah diterapkan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) bagi seluruh antara negara Asean, sehingga menuntut seluruh elemen di negeri ini, dituntut siap persaingan global.

“Kami berharap kepada ketua dan pengurus Mapigus STAIN Bengkalis agar mampu menjadi penggerak bagi kakak-kakak Pramuka agar kegiatan Pramuka di lingkungan kampus STAIN Bengkalis dapat berjalan dinamis dengan mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka,” ungkap Heri

Dikatakan Heri, pengembangan pramuka di perguruan tinggi harus dikelola dengan baik agar tercipta citra pramuka yang fun, namun tetap berpegang teguh pada nilai kepramukaaan. Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda, perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak, terutama kakak-kakak Mabigus, sehingga gerakan pramuka semakin diminati peserta para mahasiswa serta mampu mengemban tugas sebagai salah satu media pendidikan karakter.

Mengingat gerakan pramuka masih dan tetap relevan dengan kemajuan dan perkembangan zaman, maka keberadaannya juga tetap menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dari upaya pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Bengkalis. Untuk itu, PJ Bupati Bengkalis menaruh harapan besar kepada Ketua Mabigus beserta anggotanya dapat selalu aktif dalam proses pembangunan Kabupaten Bengkalis, termasuk memberikan saran dan masukan kepada pemerintah Kabupaten Bengkalis. Terutama dalam dapat membentuk dan mewujudkan gerakan pramuka yang berkualitas.

Humas/Mirzal Apriliando


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar