Dibanding BPJS, Jamkesda Gratis dan Tidak Ribet

Jamkesda Lebih Merakyat Dari BPJS

Jamkesda (Ilustrasi)

GagasanRiau.Com Bengkalis - Masyarakat Bengkalis yang terbiasa berobat menggunakan fasilitas Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) enggan untuk beralih ke BPJS, hal ini dikarenakan berobat menggunakan fasiltas daerah tersebut bagi keluarga miskin, gratis tanpa adanya iuran bulanan.

Dan dari beberapa warga yang dilakukan wawancara singkat terkait penggunaan fasilitas kesehatan ini, terungkap bahwa Jamkesda adalah solusi terbaik bagi mereka dibanding BPJS. Berikut hasil wawancara singkat yang dilakukan GagasanRiau.Com Sabtu (7/2/2016).

Seperti yang dialami salah seorang ibu rumah tangga Maryati (29) asal desa Muara Basung Kecamatan Pinggir. Dimana diungkapkannya pernah melakukan persalinan di RSUD Bengkalis dan tidak dipungut biaya apapun dengan menggunakan Jamkesda.

“Waktu itu suami saya dapat kerja di Bengkalis, dan kami pindah sementara waktu, kebetulan saya hamil tua dan bersalin di RSUD Bengkalis, syaratnya seingat saya waktu itu cuma KK dan KTP, dan tidak dipungut biaya apapun sampai selesai” ujar Yati.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Saiful Bahri (53) warga kec. Pinggir, ia lebih memilih tetap menggunakan Jamkesda karena tidak banyak persyaratan saat mengurus diawal dan saat berobat. “Ya, sudah ada Jamkesda yang gratis kenapa harus diganti, lagipun nanti kalo mengurusnya banyak persyaratan bingung juga” ujar Bahri.

Berbeda dengan Sunaryo (35), beliau tidak pernah berobat menggunakan Jamkesda, dan ketika BPJS dibuka, Sunaryo mendaftarkan diri. Tapi saat ini ia merasa ragu dengan sistem BPJS, setelah banyak pemberitaan yang menjelaskan kerumitan tentang BPJS bermasalah ketika berurusan dengan pihak rumah sakit.

“Setelah mendaftar saya belum pernah menggunakan BPJS, tapi saya agak khawatir jika yang sering diberitakan ada benarnya, ketika berobat kita tetap harus membeli obat, ini sama saja menambah beban sedangkan kita membayar iuran rutin”ujar Sunaryo.

Reporter Mirzal Apriliando


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar