Daerah

Dinkes Sediakan Rumah Singgah di Seluruh Puskesmas se-Inhil

Kepala Dinkes Inhil, Zainal Arifin

GagasanRiau.Com Tembilahan - Menanggulangi angka kematian ibu melahirkan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) komitmen akan terapkan program penurunan angka kematian ibu melahirkan.

Seperti disebutkan oleh Kepala Dinkes Zainal Arifin, pihaknya sudah mengkordinasikan kepada Kepala puskesmas, kepala kordinator bidan serta pustu diwilah kerja se-Inhil bahwa telah sediakan rumah singgah diseluruh puskesmas se-Inhil.

"Kita sudah mengkordinasikan ke Kepala Puskesmas untuk mengupayakan penanggulangan ini," sebut Zainal Arifin, saat dikonfirmasi oleh GagasanRiau.com di ruangannya, Rabu (24/2/2016).

Disebutkan oleh Zainal lagi bahwa untuk ibu melahirkan telah disediakan rumah singgah diseluruh puskesmas se-Inhil. Untuk pasilitas yang disediakan mulai dari pemeriksaan sampai pertolongan persalinan di biayai oleh Pemda.

"Kita telah sediakan rumah singgah gratis, ditambah biaya makan ibu dan pendamping 1 orang, selama 5 hari terhitung 3 hari kelahiran. untuk ibu melahirkan fasyankes silahkan kontak puskesmas terdekat," sebutnya

Pihak Dinkes juga menghimbau kepada masyarakat Jangan takut berobat ketenaga medis puskesmas, disebutkan oleh pihak dinkes bahwa bagi masyarakat yang menggunakan jaminan pelayan kesehatan akan digratiskan dengan menggunakan dana Biaya Operasional Kesehatan (BOK) dikenakan dengan dana dari APBN. (*)

Reporter Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar