Daerah

LAM Rohil Berikan Penabalan Gelar Datuk Setia Amanah Ke Bupati Suyatno.

Bupati Rohil H Suyatno AMp. mendapat gelar melayu Datuk Setia Amanah

GagasanRiau.Com Bagansiapiapi - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Rokan Hilir (Rohil) secara resmi, Kamis (24/3/16) menabalkan gelar Datuk Setia Amanah kepada Bupati Rohil H Suyatno AMp.

Pemberian anugrah kehormatan Melayu ini dilakukan di gedung LAM Riau Rohil di batu enam Bagansiapiapi.‎ Suyatno berhak menyandang gelar itu selama menjabat Bupati Rohil. Selain itu diserahkan sebuah pakaian adat kebesaran melayu, sebilah keris dan selembang.

Dalam sambutannya Bupati Suyatno mengatakan, gelar ini merupakan amanah baginya yang harus ‎dijunjung tinggi dengan penuh keihlasan untuk dijalankan memajukan keberadaan LAM Riau Rohil ini.

Selain itu berdasarkan Musda 1 yang baru digelar, program pembinaan dan pelestarian adat yang disusun pengurus LAM Riau Rohil, Pemkab Rohil senantiasa mendorong suaya kiprah LAM dapat dirasakan manfaatnya di tengah masyarakat serta bersinergi dengan pemerintah provinsi untuk mewujudkan Riau sebagai pusat kebudayaan melayu di Asia Tenggara 2020.

"Ini merupakan sejarah bagi Rohil dan saya pribadi. Beberapa hari lalu telah digelar musda pertama. Berangkat daru itu LAM Rohil memberikan  penabalan kepada bupati. Saya terharu dan bangga, ini pertama kali kepala daerah Rohil diberikan gelar itu," sebutnya.

Sementara itu, ‎salah seorang Bupati yang hadir, Bupati Siak Syamsuar MSi juga mengucapkan selamat kepada Bupati Rohil atas gelar yang diperolehnya hari ini.

Syamsuar berharap dengan diberinya gelar datuk setia amanah ini, Bupati Suyatno dapat mengemban amanahnya dengan baik sesuai apa yang disampaikan oleh pengurus LAM Riau dan LAM Rohil.

"Ini merupakan amanah dari lembaga adat Melayu yang harus kita jaga. Mudah-mudahan pak Suyatno bisa mengemban amanahnya dengan baik supaya bermanfaat bagi kepentingan masyarakat yang ada di Rohil," tandasnya.

Reporter Gege Jun


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar