Daerah

Dana ADD Diharapkan Dongkrak Sektor Pertanian

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Siak Kecil Aulia Fikri

GagasanRiau.Com Siak Kecil - Anggaran Dana Desa (ADD) yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis tahun 2016 ini, untuk kecamatan Siak Kecil diharapkan mampu mendongkrak sektor Pertanian.

Demikian disampaikan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Siak Kecil Aulia Fikri kepada Sejumlah Wartawan, Rabu (30/3/2016).

Dikatakan Fikri ADD ditujukan untuk membangun pedesaan. Dengan kata lain pembangunan tersebut dilakukan agar kesejahteraan masyarakat pedesaan dapat lebih ditingkatkan. Dalam hal ini, salah satu aspek yang menjadi fokus pemerintah di Kecamatan Siak Kecil ialah pembangunan infrastruktur.

Namun, sektor pertanian sejatinya tak boleh dilupakan dalam hal upaya pembangunan untuk desa itu yang ada di Kecamatan Siak Kecil.

"Karena untuk pembangunan desa, harus ditopang oleh pembangunan ekonomi. Sedangkan ekonomi masyarakat pedesaan adalah pertanian, jadi pembangunan desa yang akan dilakukan oleh pemerintah harus mampu mendongkrak sektor pertanian kususnya di Kecamatan Siak Kecil ini," ungkap Aulia Fikri.

Jika perlu, tambah Fikri, dana ADD tersebut sekian persennya harus dialokasikan untuk ke sektor pertanian.

Mengingat, salah satu program utama pemerintahan Jokowi ialah menciptakan swasembada pangan yang ditargetkan akan tercapai dalam kurun waktu 3 tahun ke depan.

"Jadi, disamping pembangunan desa berjalan, swasembada pangan itu juga dapat di dorong, apakah itu untuk sektor perikanannya, pertanaman, hingga, peternakannya. Yang pasti semuanya itu berada di desa," jelasnya.

Menurut Aulia Fikri, apabila membangun pedesaan itu dimulai dengan membangun perekonomiaannya terlebih dahulu, maka nantinya kesejahteraan warga pedesaan akan meningkat. Sehingga secara tidak langsung kehidupan sosial masyarakatnya juga akan meningkat pula.

"Indonesia kan negara agraris. Jadi walaupun kecil, dana desa itu memang harus ada ditujukan untuk membangun sektor pertanian," sebutnya mengakhiri.

Reporter Mirzal Apriliando


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar