Daerah

Wardan Hadiri Program Rehabilitasi Perkebunan Masyarakat

Wardan Hadiri Program Rehabilitasi Perkebunan Masyarakat

GagasanRiau.Com Tembilahan - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan hadiri kegiatan yang merupakan tentang Program Rehabilitasi Perkebunan Masyarakat, dan Perikanan, kerjasama dengan Kolompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Tanah Merah.

Kegiatan tersebut bertempat di aula lantai V kantor bupati Jalan Akasia Tembilahan, pada Jum'at (1/4), yang dihadiri oleh Ketua KTNA, Kepala Dinas Perkebunan, Perikanan dan Kelautan, Cipta Karya, serta Masyarkat Kecamatan Tanah Merah.

Bupati HM Wardan sangat bersyukur telah terlaksananya pertemuan tentang rencana pengembangan dan rehabilitas lahan-lahan kritis, lahan yang tidak berfungsi, dan lahan perkebunan yang caram kenangan air.

"Pemerintah Inhil sangat menyambut baik sekaligus mendukung, agar program kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, kepada dinas terkait agar dapat membantu dari segi administrasi, membantu kelancaran agar program ini terlaksana dengan sebaik-baiknya," ucap Wardan.

Ia juga mengatakan, hal itu sudah dipaparkan sistem pengelolaan konsersium, penyandang dana yang sudah siap untuk menyalurkan dana tanpa bunga ini, dan sudah luar biasa sekali dari perencanaan.

"Saya pikir tidak ada alasan lagi untuk tidak terlaksananya program ini, tidak ada kekhawatiran terhadap kredit macet dan segala hal lain, tinggal bagaimana me-manage pelaksanaan di lapangan agar benar-benar terlaksana dengan baik," tukasnya.

Sementara itu pemerintah sendiri sudah siap memberikan bantuan sesuai dengan kapasitas, dari sisi pendanan dan pembebasan lahan.

"Lahan masyarakat yang tentunya sudah mereka musyawarahkan dan sudah sepakat, sebagian besar lahan keluarga mudah-mudahan tidak ada timbul permasalahan. Sudah dilaksanakan untuk pendaratan pesawat mini dalam rangka mengantisipasi hasil dari produk industri yang baru dikembangkan seperti air kelapa menjadi cuka, mungkin bisa berkembang menjadi kecap, pengganti oil dan lainnya. Ini salah satu program yang saya inginkan, agar hal ini dicontok kelompok tani yang lain dan kecamatan lainya," ujarnya.

Sementara itu, Yusuf Said selaku Ketua KTNA Inhil mengharapkan pengembangan kelapa dapat didukung betul sehingga Inhil sebagai Hamparan Kelapa Duni bisa terwujud dan tidak tergantikan.

Reporter Humas/Daud


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar