Daerah

Bupati Terima Award Pekanbaru MX Kategori Peduli Peyelamat Hutan Manggrove

Zukmansyah Sekedang GM Riau Pos Group Meyerahkan Award Pekanbaru MX diberikan Kepada Bupati Indragiri Hilir Drs.H.Wardan,MP Dengan Kategori Peduli Peyelamat Hutan Manggrove
GagasanRiau.com Tembilahan - Ditengah meriahnya malam puncak Pesta Rakyat 1 DEKADE MX Pekanbaru,Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan menerima penghargaan Award Pekanbaru MX dengan Kata gori peduli peyelamat hutan manggrove yang diadakan di lokasi purna MTQ Kota Pekanbaru, Minggu (3/4/2016).
 
Bupati Inhil, HM Wardan mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada harian baru MX, yang hari ini memperingati pesta rakyat MX 2016 1 DEKADE.
 
"Tentunya atas nama pemerintah, pribadi, serta masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir meyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas penilaian yang diberikan oleh pekanbaru MX terhadap apa yang kita lakukan di daerah, terutama dalam rangka untuk peyelamatan dan pelestarian hutan manggrove yang berada di Kabupaten Indragiri Hilir," tutur Wardan, 
 
Kalau kita lihat, lanjut Wardan, data statistik yang ada, Indragiri Hilir hari ini Kabupaten terluas yang ada di Riau terdiri dari daerah aliran sungai dan pantai, sepanjang itu, di tumbuhi manggrove ± 100.000 ribu hektare yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Indragiri Hilir merupakan manggrove terluas hari ini yang ada di indonesia," tukas Wardan.
 
Dijelaskannya, daerah ini memiliki 20 Kecamatan dengan rincian 9 Kecamatan yang berada di pesisir, memiliki 55 Desa pesisir serta 25 buah pulau kecil, dengan jumlah penduduk ±694.612 Jiwa.
 
Adapun luas mangrove yang dimiliki Indragiri Hilir tercatat terluas di Indonesia yaitu mencapai ± 100000 Hektare, terletak berada pada hutan lindung dan hutan produksi berbatas, keberadaan hutan manggrove di Inhil menjadi penyumbang paru-paru Dunia. Kondisi hutan Manggrove di Inhil masih sangat alami dan asli, terletak di pulau Cawan atau Solop, Sungai asam.
 
Disamping terluas, hutan manggrove terindah, terutama di pantai Solop, sungai Asam, hutan manggrove alami yang sangat indah sekali umurnya begitu panjang dan itulah yang kita lestarikan.
 
"Disamping itu juga kita melakukan reboisasi atau tanam kembali terhadap mangrove. Saya merasa bangga dan bahagia kehadiran pekanbaru MX karena sudah sampai di daerah-daerah, memang hebat dan cepat," ujarnya.
 
Pada saat acara tersebut dihadiri Wali Kota Pekanbaru, Bupati Inhil, Wakil Bupati Siak, Kapolres Meranti, serta SKPD Inhil.
 
Reporter Daud Mhd


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar