Pendidikan

Repdem Tuntut Pemerintah Daerah Gratiskan Biaya Pendidikan di Riau

Demo Repdem di DPRD Pekanbaru

Gagasanriau.com, PEKANBARU - Di tengah-tengah suasana peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Senin (2/5/2016), puluhan orang yang tergabung dalam Relawan Perjuangan Demokrasi (REPDEM) Provinsi Riau mengadakan aksi unjuk rasa. Mereka mendatangi Kantor DPRD Pekanbaru dan DPRD Riau.

Pantauan media ini di lapangan, para pengunjuk rasa membawa 2 orang-orangan sawah yang berbajukan SMP dan SMA serta berbagai spanduk yang berisikan sejumlah tuntutan.

Saat berorasi di depan Gedung DPRD Kota Pekanbaru, Koordinator lapangan (Korlap), Neldi Saputra dalam orasinya mengatakan, aksi REPDEM yang dilakukan ini untuk menagih janji pemerintah daerah mewujudkan pendidikan yang berpihak pada rakyat kecil.

"Kami menginginkan Perda pedidikan yang gratis mulai dari SD hingga Sarjana, bisa diberlakukan dii Kota Pekanbaru saat ini. Sehingga tidak adalahi anak-anak saat ini yang putus sekolah," ujar Neldi Saputra.

Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), H Zurkarnain saat menerima aksi demo mengatakan, pihaknya di DPRD Kota Pekanbaru sangat mendukung keinginan dari aksi pendemo dengan mengajukan inisiatif Perda pendidikan gratis yang bermutu dan berkualitas ke Pemko Pekanbaru.

"Jika ada Perda ini nantinya setiap regulasinya bisa diatur. Pendidikan gratis yang bermutu, nantinya dibantu dari dana APBD, mulai dari tinggkat SD sampai SMA, mudah-mudahan akan segera dibahas dan pada tahun 2017 bisa terealisasi," ujar Zullkarnain.

Selain berorasi, salah satu warga pekanbaru bernama Ani, anaknya tidak mampu bersekolah karena tidak mampu membayar uang SPP. “Ibu ani ini anaknya berhenti sekolah bahkan ingin jual ginjal agar anaknya bisa sekolah lagi,” ujar salah seorang massa aksi lainnya, Adit.

Ani lalu memberikan berkas nilai yang anaknya berhenti sekolah karena tidak mampu membayar uang sekolah kepada salah seorang Anggota DPRD Pekanbaru, H Marlis Kasim. Bahkan politisi dari dari PKB itu menjamin anaknya bisa kembali sekolah. “Saya pastikan anak tersebut, bisa bersekolah lagi. Kami bertanggungjawab,” ucap Marlis.

Tuntutan yang sama juga disampaikan massa Repdem saat menyampaikan aspirasinya di DPRD Riau."Kami (Repdem Riau) mengajak masyarakat dan juga pemuda Riau untuk sepemikiran dan sepaham, agar mencapai pendidikan gratis sampai sarjana," ungkap Koordinator Lapangan Aksi, Neldi Saputra.

Pihaknya melihat, tingkat kemiskinan di Riau cenderung bertambah, maka Repdem mengajak seluruh masyarakat Riau berhak mencapai kesejahteraan dengan adanya pendidikan gratis.****


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar