Ekonomi

BMKG Pantau 10 Titik Panas di Riau, Kabupaten Siak Mendominasi

ilustrasi

Gagasanriau.com, PEKANBARU - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mendeteksi sebanyak 10 titik panas sebagai indikasi adanya kebakaran lahan dan hutan yang menyebar di tiga kabupaten di Provinsi Riau.
    
"Masing-masing titik panas yang terpantau satelit hari ini berada di Siak dengan 5 titik, Pelalawan 4 titik dan Bengkalis 1 titik," kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin di Pekanbaru, Sabtu (7/5).
     
Ia merincikan, keberadaan titik panas di Kabupaten Siak keseluruhannya terpantau di Kecamatan Sungai Apit dengan tingkat kepercayaan diatas 60 persen. Selanjutnya 4 titik panas yang terpantau di Pelalawan dengan tingkat kepercayaan antara 57 hingga 79 persen terpantau di Kecamatan Kuala Kampar.
     
Sementara titik panas yang terpantau di Bengkalis terpantau di Kecamatan Bengkalis dengan tingkat kepercayaan 63 persen.
    
Lebih jauh dari 10 titik panas yang terpantau tersebut, Sugarin menjelaskan 1 titik lainnya dipastikan sebagai titik api dengan tingkat kepercayaan diatas 80 persen. "1 titik api tersebut terpantau di Kabupaten Siak," ujarnya.
    
BMKG menyatakan sebagian besar wilayah Riau diprediksi akan kembali memasuki musim kemarau pada Mei-Agustus 2016 ini setelah wilayah tersebut mengalami musim hujan selama April lalu.
    
Meski begitu, ia mengatakan secara umum cuaca wilayah Provinsi Riau cerah hingga berawan dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang. Hujan yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang berpeluang terjadi hampir di seluruh wilayah Riau terutama wilayah Riau bagian utara, tengah, dan pesisir timur pada sore atau malam hari.***




Editor: Saut BB
Sumber: antara


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar