Daerah

Pemko Pekanbaru Lantik 47 Pejabat Hasil Mutasi

Suasana pelantikan pejabat Pemko

Gagasanriau.com, PEKANBARU - Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT  kembali melakukan mutasi di jajaran pejabat Pemerintah kota. Mutasi ini, kata Firdaus, dilakukan semata-semata untuk penyegaran dan peningkatan wawasan serta pengalaman para aparatur sipil Negara.

"Mutasi dan rotasi hal yang biasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk penyegaran," kata Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Kamis (12/5).

Walikota, Firdaus, menjelaskan mutasi dan rotasi yang dilakukan pemerintah kota (pemko) berdasarkan hasil evaluasi kinerja pejabat selama enam bulan lalu.

Apalagi pejabat pengawas dan administrator Eselon III dan IV ini adalah pelayan langsung dimasyarakat, karena mereka Lurah dan Camat yang memiliki kuasa dan tanggungjawab atas kenyamanan masyarakat dilingkungannya.

Jika pelayanan mereka tidak memuaskan bahkan mendapatkan penolakan dan kecaman dari masyarakatnya maka akan terdampak secara keseluruhan ke pemko Pekanbaru.

Makanya perlu ada evaluasi karena tipologi kepemimpinan seorang pejabat berbeda-beda dengan masyarakatnya. "Disamping mengisi yang kosong juga  mengevaluasi khususnya dibagian pelayanan," katanya.

Lebih jauh Firdaus menyebutkan mutasi kali ini untuk menyesuaikan tipologi seorang pemimpin dengan masyarakatnya. "Ada camat yang kami rotasi, ini menyesuaikan tipologi dengan beban kerja, mana yang cocok figurnya dengan masyarakat kita rotasi," tegasnya.

Adapun rincian pejabat tersebut dimana eselon III A sebanyak 4 orang, eselon III B sebanyak 7 orang, eselon IV A sebanyak 23 orang dan eselon IV B sebanyak 13 orang.

Pelantikan bagi 47 pejabat baru dilakukan di ruang Aula Bappeda Kota Pekanbaru, oleh  Sekretaris Kota Pekanbaru Muhammad Noer, mewakili Walikota, karena secara bersamaan menghadiri lounching wibsite di Kecamatan Bukit Raya.

"Sebelum saya memgambil sumpah, apakah saudara bersedia disumpah?" Kata M Noer.

Ia juga memperingatkan kepada pejabat yang diambil sumpah, bahwa mereka yang dilantik mengandung tanggung jawab terhadap negara, serta tanggung jawab kepada kesejahteraan rakyat.

Pada saat M Noer melakukan pembacaan sumpah, ia mengingatkan agar semua pejabat mengikuti ucapannya. Karena jika tidak maka akan disumpah ulang. "Saya akan mengulang pembacaan sumpah ini, kalau masih ada pejabat yang tidak mengikuti sumpah jabatan," kata M Noer.

Pada pelantikan tersebut, ternyata dua orang pejabat tidak hadir dalam pelantikan tersebut. Mereka yang tidak hadir tersebut adalah Sekretaris Camat Senapelan dan Sekretaris Camat Pekanbaru Kota. "Dua orang yang tidak hadir, yakni Sekcam Senapelan dan Sekcam Pekanbaru Kota berhalangan sakit atau ada hal lainnya," ujarnya.

Untuk itu, mereka yang tidak hadir dalam pelantikan hari ini, akan diambil sumpahnya lagi.***



Editor: Saut BB


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar