Daerah

Bupati Tinjau US Tingkat SD di Bengkalis dan Bantan

Bupati Amril Mukminin didampingi anggota DPRD Bengkalis Irmi Sakip Arsalan meninjau pelaksanaan US di SD Negeri 1 Bengkalis, Senin (16/5/2016).

Gagasanriau.com, BENGKALIS, - Sempena pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat yang dimulai hari ini, Senin (16/5/2016), Bupati Bengkalis didampingi anggota DPRD Bengkalis Irmi Sakip Arsalan dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan H Heri Indra Putra, melakukan peninjauan di sejumlah sekolah di Kecamatan Bengkalis dan Bantan.

Sekolah pertama yang ditinjau Amril adalah SD Negeri 1 di Jalan Sri Pulau. Kedatangan orang nomor satu di kabupaten bejuluk Negeri Junjungan ini,disambut Kepala Sekolah SD Negeri 1 Nurzairina. Amril dan rombongan tiba di SD tersebut sekitar pukul 07.45 WIB.

Karena US mulai pukul 08.00 WIB, ketika Amril datang, ujian belum dimulai. Namun dia tetap melihat persiapan US yang semuanya dilaksanakan di lantai II sekolah tersebut.

"Jumlah peserta US sebanyak 120 orang terbagi dalam 6 lokal," jelas Nurzairina kepada Amril dan rombongan di sela-sela peninjauan sekolah yang berlokasi di Kelurahan Bengkalis Kota tersebut.

Selain bersilaturahmi dengan majelis guru, di SD Negeri 1, suami Kasmarni ini menyempatkan diri meninjau ruang workshop yang berlokasi di ruang pertemuan.

Dari SD Negeri 1, peninjauan dilanjutkan SD Negeri 6 di Jalan Gatot Subroto Kelurahan Rimba Sekampung. Kepala Amril, Kepsek SD Negeri 6 menjelaskan peserta US sebanyak 35 siswa. Sebagai di SD Negeri 1, di SD Negeri 6 Amril juga mengadakan silaturahmi dan foto bersama dengan majelis guru.

Sekolah lain yang ditinjau Amril selanjutnya SD Negeri 54 di Jalan Antara Desa Senggoro. Saat sampai di SD Negeri 54, hujan turun sangat deras. Namun hal itu sedikitpun tidak menyurutkan Amril melakukan peninjauan, meskipun pakaiannya terlihat sedikit basah.

"Jumlah peserta US di SD kami sebanyak 73 orang. Seluruh hadir semua," jelas Kepsek SD Negeri 54 kepada Amril yang kala itu didampingi Camat Bengkalis Jamaluddin dan Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Bengkalis M Siddik.

Dari Bengkalis Bupati Bengkalis dan rombongan melanjutkan peninjauan ke Bantan. Sekolah pertama yang ditinjau adalah SD Negeri 16 Desa Resam Lapis. Sesuai penjelasan Kepsek SD Negeri 16 Abu Yazid, peserta US di sekolah yang dipimpinanya itu 33 siswa.

Sebelum ke Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Dusun Tambak Rejo Desa Jangkang, Bupati Bengkalis dan rombongan terlebih dahulu meninjau US di SD Negeri 1 Selat Baru.

Menjawab pertanyaan Amril, Kepsek SD Negeri 1 Selat Baru Sanusi menjelaskan, jumlah peserta US di sekolahnya sebanyak 56 siswa. Sedangkan di MIN Tambak Rejo, Kepseknya Hamid menjelaskan peserta US 17 orang.

"Alhamdulillah, dari keterangan masing-masing Kepsek, semua peserta US hadir. Semua berjalan lancar dan tidak ada siswa yang tidak hadir. Kami harapan untuk US dua hari ke depan, juga demikian. Termasuk juga seluruh sekolah lainnya di Kabupaten Bengkalis dan 100 persen peserta US tahun 2016 lulus," ujarnya.

Dalam melakukan peninjauan di 6 sekolah di dua kecamatan itu, Amril tidak sekalipun memasuki ruangan. Dia hanya memantau dari jauh atau melihat daftar nama-nama siswa yang mengikuti US yang ditempelkan di pintu masuk ruangan ujian atau dipapan yang disediakan khusus untuk itu.

Di bagian lain, didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Supardi, dia menjelaskan jumlah peserta US di Kabupaten Bengkalis tahun 2016 sebanyak 12.835. Tediri dari 12.358 siswa SD dan 477 MI.***





Reporter: Mirzal Apriliando


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar