Daerah

Sekda Inhil: Peran Pers yang Kritis dan Konstruktif Mendukung Inhil Gemilang 2025

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir, Said Syarifuddin membuka secara resmi Musyawarah Besar (Mubes) IV Forum Komunikasi Wartawan Inhil

GagasanRiau.com, TEMBILAHAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, Said Syarifuddin membuka secara resmi Musyawarah Besar (Mubes) IV Forum Komunikasi Wartawan Inhil (FKWI) yang diselenggarakan di Gedung Engku Kelana Tembilahan. Acara dihadiri Forkopinda, segenap SKPD di lingkungan Inhil, serta dihadiri Setda Inhil, Kamis (2/6).

Dalam sambutannya, Sekda Said Syarifuddin menyebutkan bahwa para insan pers yang ada di Indragiri Hilir akan melakukan proses demokrasi dalam rangka untuk memilih ketua mereka yang baru. "Harapan saya agar pers kita dapat menjadi lebih maju dan berkualitas menuju pers yang lebih profesional," ucapnya, Kamis (2/6/2016).

Ditambahkannya, semua tentu setuju bahwa media masa, baik media cetak maupun media elektronik dan sekarang yang sedang menjadi tren adalah media sosial atau dikenal media online, merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan.

"Dapat kita bayangkan jika dunia tanpa media, hampir dapat dipastikan kita semua menjadi buta karena tidak dapat mengetahui berbagai informasi dan perkembangan masyarakat bahkan dunia. Kita semua tentu pula sepakat dan sependapat bahwa pekerjaan atau  profesi pers bukanlah pekerjaan atau profesi sembarangan, apalagi dianggap rendahan dan murahan,' ujarnya.

Merujuk dari peran dan fungsi pers di atas, kata Said, profesi pers sesungguhnya sangat mulia yang harus didukung semua pihak. Para insan pers memang diakui kemampuannya karena sudah memiliki keterampilan khusus di bidang jurnalistik atau bidang kewartawanan, baik yang di terima mereka secara empris maupun dari pendidikan dan pelatihan formal.

"Saya berpesan kepada rekan-rekan pers yang ada, laksanakan konferensi ini dengan baik dan penuh kekeluargaan serta dengan konsep kebersamaan untuk kepentingan bersama dengan memilih ketua dan pengurus organisasi wartawan ini untuk periode ke depan yang lebih baik," pesannya.

Sementara itu, Ir. Mahyuni Khalid yang merupakan Ketua Dewan Pendiri FKWI juga berpesan kepada kepengurusan yang baru nanti agar bisa merangkul seluruh wartawan yang ada di Inhil.

"Kita berharap pengurus yang akan datang akan menjadi lebih baik merangkul seluruh wartawan yang ada di inhil yang bertugas di Inhil, tidak ada lagi sekat-sekat, mereka menjadi wartawan profesional dan wadah ini meningkat kualitas wartawan berbagai pelatihan sehingga menjadi wartawan kritis tetapi juga konstruktif, bisa menjadi mitra penerintah di dalam melaksanakan pembangunan," pesannya

Khusus di inhil, lanjutnya, pemerintah sangat baik dan cukup terbuka. "Saya berharap dengan kemitraan ini direspon wartawan dengan profesional, berikan masukan yang baik, bukan hanya kritis yang ada ujung pangkalnya. Dan juga Kepada ketua terpilih nantinya, buat program yang nyata, bisa meningkatkan kualitas wartawan-wartawan itu sendiri," tutupnya. (Adv)



Reporter: Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar