Daerah

Dana DMIJ Bersamaan Dengan Dana APBN Akan Cair Sebelum Lebaran

GagasanRiau.Com Tembilahan - Dana Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dipastikan akan cair bersamaan dengan Dana Bantuan Dana Desa dari Pusat sebelum lebaran.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua tim Leader DMIJ, Syaifuddin saat diwawancarai di Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD).

"Dana Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dengan bantuan Dana Desa di Tingkat Pusat, dipastikan akan segera dicairkan secara bersamaan pada bulan Ramadhan ini," tukas Syaifuddin, Senin (13/6/2016).

Disebutkannya lagi, pihaknya akan mengupayakan sebelum lebaran idul Fitri ini sudah cair sekira diatas 90 persen dan akan menargetkan tetap 100 persen.

Adapun kedala lamabatnya proses pencairan tersebut menurunya adalah, karena memang pada dasarnya kejelasan anggaran dari pusat pada bulan April baru diketahui, jadi menunggu keputusan tersebut.

"Kita menunggu dari pusat baru bisa dikerjakan, itu faktor maka menjadi lambat. Dan untuk sekarang sudah dikerjakan semua, tim kami sudah bekerja semua, mulai dari Kabupaten Kecamatan dan Desa semua sudah bekerja," ulasnya.

Syaifuddin kembali menegaskan, terkendala atau tidak cairnya dana Desa tersebut bukan dari kebijakan atas, akan tetapi tinggal ketegasan Kepala Desa itu sendiri.

"Saya tegaskan, pencairan dana Desa itu tergantung dengan Kepala Desa itu sendiri. Kalau semua persyaratan terpenuhi tetap akan cair," tukasnya.

"Lengkapi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) dan antar Surat Pertanggungjawaban (SPJ), maka semua lancar dan langsung cair, karena keduanya itu merupakan syarat mutlak untuk proses pencairan," tegasnya.

Dari keterangan Syaifuddin, untuk sementara baru ada sekitar 40 Desa yang dipastikan sudah terkategori lengkap, yang ia ketahui sekarang ini, maka dari itu, dari sekarang timnya terus genjot agar bisa selesai dan sebelum Lebaran Idul Fitri semua sudah cair.

"40 Desa itu catatan sekarang, besok terus bertambah sampai dengan sesuai target. Karena Ini terkait dengan kepentingan orang dan kebutuhannya, semoga tidak ada halangan lagi kedepan, dan tetap terus berjalan," tutupnya.

Reporter: Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar