Daerah

Pemkab Usulkan Jadwal Penerbangan Tembilahan – Pekanbaru 2 Kali Sepekan

Bandara Tempuling Indragiri Hilir

GagasanRiau.com Tembilahan – Guna antisipasi meledaknya penumpang, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau memberikan usulan penambahan jadwal untuk rute Tembilahan – Pekanbaru. Saat ini, rute penerbangan perintis tersebut hanya satu kali saja dalam sepekan. Sedangkan kebutuhan akan transportasi udara tersebut cukup banyak diminati masyarakat inhil.

 

Dikatakan Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Indragiri Hilir Yusuf, usulan penambahan jadwal tersebut sudah disampaikan pihaknya kepada Kementrian Perhubungan. Yang mana dalam pengusulan tersebut Pemkab meminta agar jadwal penerbangan ditambah menjadi 2 kali dalam satu pekan.

 

Jika tidak aral melintang keputusan usulan tersebut akan diterima pada akhir Oktober mendatang.”diterima atau tidaknya usulan tersebut bergantung pada dana APBN karena untuk penerbangan perintis masih disubsidi oleh pemerintah,”ujarnya kepada wartawan, Ahad (13/3). Namun begitu  ia tetap berharap agar usulan tersebut dapat diterima oleh Kementrian.

 

Ia pun menceritakan saat ini penerbangan rute Tembilahan-Pekanbaru dikenakan harga tiket sekitar Rp 280 ribu. Sedangkan kapasitas angkut pesawat mencapai 16 orang dalam satu kali jalan. Hingga saat ini, kata Yusuf, jadwal penerbangan dengan Maskapai Susi Air tersebut bersifat tetap dan tidak terkendala saat maskapai itu sedang perawatan (maintenance) banyak masyarakat yang ingin menggunakan transportasi melalui jalur udara.

 

Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut pihaknya juga telah memberikan usulan kepada pihak maskapai untuk sedianya menambah jumlah pesawat yang mengudara di rute Tembilahan-Pekanbaru. Selain itu, Pemkab Indragiri Hilir juga telah mengusulkan adanya penambahan rute penerbangan untuk Tembilahan-Batam dan Tembilahan-Jambi. Dalam usulan kepada pihak maskapai, pihaknya meminta agar diberikan jadwal 1 kali penerbangan dalam sepekan per masing-masing rute usulan.(adv)

 

Laporan : Daud M Nur

Editor  : Ramadhani Sitanggang


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar