Daerah

Bupati Harapkan Malam Nuzul Quran Jadi Momen Peningkatan Nilai AlQuran

GagasanRiau.Com Bengkalis –   Masjid Raya Istiqomah, Bengkalis malam itu dipenuhi jemaah. Selain ada pnylnggaraan shalat tarawih, pada malam tersbut juga digelar pringata Nuzul Quran yang dihadiri langsung oleh  Plt Sekretaris Daerah(Sekda) Kabupaten Bengkalis, H Arianto yang mewakili Bupati Bengkalis, Amril Mukminin.

Dalam kesempatan tersebut ia mengungkapkan, kitab suci Al-Qur’an sesungguhnya adalah Kalam Allah sebagai kamus kehidupan. Setiap saat harus dibuka dan dibaca untuk mendapatkan arti dan makna tentang kehidupan yang sebenar-benarnya.  Karena Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam, yang menjadi landasan ajaran moral yang tidak perlu diragukan lagi kebenarannya bagi kehidupan.

Untuk itu, lanjut Plt Sekda, melalui peringatan Nuzul Qur’an 1437 Hijriyah ini, Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat di daerah ini, khususnya kepada umat Muslim agar senantiasa menjauhkan dan menghindari segala bentuk keburukan.

“Tetap memelihara iktikat baik, menjalin persaudaraan dengan penuh rasa kekeluargaan, yang dilandasi dengan semangat persatuan dan kesatuan, untuk mewujudkan kehidupan umat beragama yang berkualitas, harmonis, beriman, bertaqwa dan beramal sholeh,” harap Bupati.

Disampaikan Bupati, Al-Qur’an menguatkan adanya eksistensi keberagaman, sehingga semua pihak tidak harus terus mempertentangkan perbedaan. Karena akhlaq mulia meniscayakan untuk mengembangkan sikap lapang dada atau toleransi.

“Meskipun ada perbedaan, tetapi perbedaan itu tidak boleh melahirkan permusuhan. Justru sebaliknya, dengan perbedaan, mari kita lahirkan berbagai pandangan untuk mencapai kesempurnaan,” jelas Bupati seraya menyebutkan sebabnya Rasulullah SAW., yang artinya ”agama yang paling dicintai oleh Allah adalah agama yang lurus dan toleran”.

Adapun pengisi tausiah pada Tabligh Akbar sempena memperingati Nuzul Qur’an itu, adalah Ustadz Dr. H. Ridwan Hasbi, Lc dari Pekanbaru, yang mengupas secara panjang keistemewaan Al-Qur’an dan nilai-nilai yang sangat harus diterapkan dalam berkehidupan sehari-hari agar menjadi manusia yang Qur’ani.

Tampak hadir dalam peringatan Nuzul Qur’an tersebut, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Bengkalis, H Jumari, Kapolres Bengkalis, AKBP Ino Harianto, Komandan Kodim 0303/Bengkalis, Letkol Arh Wachyu Dwi Haryanto, SIP.

Terlihat juga Ketua Majelis Kerapatan Adat LAMR Kabupaten Bengkalis Zainuddin Yusuf, sejumlah Kepala SKPD/Badan yang ada dilingkungan pemerintahan Kabupaten Bengkalis dan ribuan jamaah memadati Masjid Raya Istiqomah, Bengkalis.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar