Bhabinkamtibmas Peduli

Seorang Anggota Polisi Ajarkan Masyarakat Gaung Baca Tulis Dari Rumah ke Rumah

Bripka Suryawan Fadlin SE saat mengajarkan masyarakat baca tulis

GagasanRiau.com, Tembilahan - Dengan telaten, Bripka Suryawan Fadlin SE tampak asyik berbaur dengan masyarakat di beberapa desa yang ada di Kecamatan Gaung. Interaksi dari Babinkamtibmas Desa Simpang Gaung Subsektor Pos Polisi Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) ini bukan interaksi biasa. Melainkan interaksi bermanfaat bagi masyarakat. Ya, polisi satu ini mengajarkan masyarakat desa membaca dan menulis. Ia mengaku merasa prihatin dengan kondisi masyarakat. Banyak diantara mereka yang buta huruf.

Hal tersebut merupakan sumbangsihnya sebagai abdi Negara. Tanpa ragu, ia  menyambangi masyarakat dari rumah kerumah. 15 persen dari masyarakat sekitar tidak pandai baca tulis.

Seperti diungkapkan oleh Bripka Suryawan Fadlin saat awak media mengonfirmasi melalui pesan pintarnya. Beliau mengatakan, apa yang dilakukannya dengan membatu masyarakat Gaung mengenal baca tulis dan berhitung merupakan panggilan hati nurani.

"Ini murni berangkat dari hati. Saya iklas melangkahkan kaki saya demi mendatangi masyarakat saya," ucapnya melalui pesan pintarnya kepada awak media, Sabtu (25/6/2016).

Dengan kondisi masyarakat seperti ini, beliau meyakini bahwa diseluruh desa yang ada di Indragiri Hilir masih banyak masyarakat yang belum mengenal baca tulis.

"Saya berharap semua Bhabinkamtibmas yang ada di Inhil juga bergerak dengan hal sama, dan juga kepada pemerintah juga ikut terjun kelapangan melihat kondisi masyarakat saat ini dengan melibatkan Intansi terkait," pintanya kepada Pemdakab Inhil juga bisa memberikan trobosan demi mentrasfer ilmu pendidikan secara merata keseluruh masyarakat.

Ada beberapa desa yang didatangi oleh Bripka Suryawan Fadlin, diantaranya, Desa Simpang Gaung, Desa Teluk Kabung, Desa Semambu Kuning, Desa Pisang, Dusun Simpang Dalam, dan sekitarnya.

Diakuinya lagi, baliau bukan hanya mengajari kemasyarakat-masyatakat, beliau juga ikut andil terjun ke sekolah-sekolah PAUD. Murid beliau berumur 15 tahun sampai dengan 50han, dan ada melebihi.

Untuk diketahui, berikut profil Bripka Suryawan Fadlin SE, lahir di Kuala Enok 9 Februari 1980, beliau lulusan ke Polisian tahun 2000.

Tahun 2001 Gadik di SPN Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, 2002 Ajudan Kapolres Inhil, 2009 menjabat Kanit Reskrim Polsek Enok, 2014 menjabat kanit Buser Polres Inhil, dan saat ini Subsektor Pos Polisi Babinkamtibmas Desa Simpang Gaung, Kecamatan Gaung, Kab Inhil.

Reporter: Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar