Daerah

Pemkab Lakukan Pembinaan Terhadap CJH Inhil Tahun 2016

GagasanRiau.com, Tembilahan - Sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji yang merupakan rukun Islam ke 5,  Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan pembinaan melalui manasik haji, untuk mewujudkan haji yang mabrur.

Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Al-Huda, Jalan Sudirman Tembilahan, dilaksanakan dalam dua hari 30-31 Juli 2016, dihadiri Asisten 1, SKPD, KUA Se-Kabupaten Inhil, Kamenag Kabupaten Inhil dan Ketua MUI Kabupaten Inhil.

Pemerintah sebagai penanggung jawab peyelenggara ibadah haji selalu berupaya menyempurnakan dan meningkatkan manajemen pelaksanaan perhajian indonesia, yang meliputi pembinaan, pelayanan dan perlindungan dengan menyediakan fasilitas kemudahan, keamanan dan kenyamanan yang diperlukan oleh jama'ah, termasuk bimbingan menasik haji.

"Mudah-mudahan semua calon jama'ah haji dapat mengikuti bimbingan ini dengan sebaik-baiknya," kata Asisten 1 Sekda Inhil H.Afrizal, Sabtu (30/7).

Dikatakan Afrizal lagi, menjaga kondisi fisik agar tetap sehat dan prima sangat di perlukan, karena untuk mencapai kesempurnaan didalam menjalankan segala aktifitas haji adalah dengan kondisi fisik yang sehat dan disertai ilmu tentang manasik haji yang cukup.

"Saya berharap agar semua calon jama'ah haji dapat memilihara kesehatan diri, baik jasmani maupun rohani sehingga aktifitas ibadah haji terlaksana dengan baik dan sempurna. Oleh karena itu saya berharap kepada peserta menasik untuk meyimak dan memperhatikan dengan seksama segala ilmu pengetahuan yang diberikan oleh para penatar, kepada para instruktur saya harapkan agar dapat meyampaikan penjelasan yang berkaitan dengan menasik haji, sehingga benar-benar dipahami," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Inhil Drs H Azhari MA menyebutkan Jumlah Jama'ah Calon Haji 385, dan Keloter 6 akan bergabung dengan Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Meranti, dan Pekanbaru.

"Harapan saya kepada Jama'ah haji semoga bisa menjaga kesehatan, meluruskan niat kita, memantapkan naik haji  dan ini karena Ridho Allah Dan bagi kelurga yang di tinggalkan mohon do'a nya semoga lancar dalam perjalanan dan menjadi Haji Mabrur," ucapnya.

Total semua peserta haji yang ada di Kabupaten Inhil tahun ini, terdiri dari laki-Laki 161 orang dan Perempuan 224 orang.**

Reporter: Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar