Daerah

Setelah 71 Tahun Merdeka, Sungai Mandau Baru Dialiri Listrik

Bupati Siak Syamsuar

GagasanRiau.Com Siak - Kecamatan Sungai Mandau, adalah kecamatan pemekaran dari Kecamatan Minas pada tahun 2001 silam, berdasarkan Perda Nomor 13 Tahun 2001. Sejak Indonesia Merdeka, Sungai Mandau belum lagi dialiri listrik.

Selama ini aliran listrik hanya disuplai menggunakan tenaga genset. Namun hanya sedikit warga yang memiliki genset. Biasanya ada warga yang membuka dengan jaringan listrik sederhana dengan tenaga mesin diesel.

Namun listrik ala jaringan kampung ini, mulai hidup dari pukul 18.00 WIB dan padam pada pukul 05.30 WIB. Kondisi itu mereka rasakan sejak dulu hingga hari kemerdekaan yang ke-71, pada 17 Agustus 2016, saat listrik PLN masuk ke kampung ini.

"Rasanya seperti mimpi ada listrik PLN ini. Sejak kami anak-anak, listrik pakai tenaga diesel yang dikelola masyarakat hidup siang hanya pada hari Minggu saja, itu pun khusus untuk menonton film unyil," kenang Hariandi (46) warga Kecamatan Sungai Mandau dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (15/8/2016).

Warga lainnya, Nabsuandi mengatakan, penggunaan genset untuk mendapatkan pasokan listrik membebani keuangannya. Sebab diperkirakan dalam satu bulan menghabiskan dana minimal Rp 700 ribu untuk membeli BBM untuk kebutuhan listrik.

"Dana beli BBM sekitar Rp 700 ribu itu hanya untuk malam hari saja. Malam pun kita hanya mampu untuk menerangi rumah dan nonton TV saja. Sedangkan untuk siang hari kami tak mampu menghidupkan genset," kata Nabsuandi (48) warga lainnya.

Nabsuandi mengaku bersyukur dengan adanya aliran listrik di kampung mereka. Beban ekonomi untuk biaya genset jelas jauh berkurang. Di samping itu, dia yakin dengan masuknya PLN bisa menambah perekonomian masyarakat.

"Alhamdulilah, listrik PLN sudah masuk kampung kami. Anak-anak kami bisa belajar malam hari, bisa menikmati listrik tanpa batas lagi. Rasanya seperti mimpi saja," kata Nabsuandi.

Sedangkan Bupati Siak, Syamsuar menyebut, selama ini dirinya menerima keluhanya dari warga mengenai ketiadaan pasokan aliran listrik. Warga pernah membentangkan spanduk saat kunjungan Wapres Jusuf Kalla di Kota Siak Sri Indrapura beberapa waktu lalu.

"Itu lah kondisi warga kita yang merindukan listrik sejak Indonesia merdeka. Dengan hari kemerdekaan yang ke-71 tahun ini, kami bersyukur masyarakat Sungai Mandau kini sudah bisa menikmati listrik PLN," kata Syamsuar.**/detik.com
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar