Lingkungan

Pada Peringatan Hari Kemerdekaan, Riau Dikepung 278 Titik Panas

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Tepat di hari peringatan kemerdekaan Indonesia, Riau justru dikepung titik panas. Jika kemaren, Selasa (16/8), hanya ada 93 titik panas di Riau, hari ini melonjak menjdai 278 titik panas, terpantau di 10 kabupaten.

"Di Rohil terpantau 91 hotspot, ini terbanyak," kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, 278 titik panas Riau ini, selain terparah Rohil, juga tersebar di Inhil tiga hotspot, Kampar dan Pelalawan empat hotspot serta Kuansing delapan hotspot.

Yang terparah yaitu di Dumai 20 hotspot, Bengkalis 22 hotspot, Siak 28 hotspot, Rohul 30 hotspot, Kepulauan Meranti 36 hotspot.Jika tidak segera diatasi, masyarakat Riau terancam terpapar asap seperti tahun sebelumnya.

"Untuk yang confidence di atas 70 persen (berkemungkinan besar titik api, red) itu ada sebanyak 192 spot, di mana 91 spot terdapat di Rohil dan sisanya terdeteksi di Rohul, Bengkalis, Dumai, Kepulauan Meranti, Kampar, Kuansing dan Siak," kata Sugarin.

Daerah-daerah yang terbakar ini antara lain Bangko, Kubu, Pasir Limau Kapas, Pujud, Rimba Melintang, Simpang Kanan dan tanah putih, yang mayoritasnya berada di Rohil.**

Editor: Arif Wahyudi

 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar