Daerah

Bupati Buka Secara Resmi Acara Indragiri Hilir Culture Carnival 2016

GagasanRiau.com, Tembilahan - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan hadiri sekaligus buka secara resmi acara Indragiri Hilir Culture Carnival 2016, yang digelar di Jalan Hangtuah Lapangan Upacara Tembilahan, Jum'at (26/8).

Acara tersebut dihadiri Sekda Sa'id Syarifuddin, Unsur Forkompimda, Ketua DKIH Inhil, SKPD dilingkungan Inhil.

"Tujuan kegiatan Indragiri Hilir Culture Carnival 2016 ini sebagai ajang eksibisi untuk kegiatan Indragiri Hilir Cultur Carnaval akan kita rencanakan kegiatan tahun 2017 mendatang. Dan sebagai ajang promosi kepariwisataan dan kebudayaan Indragiri Hilir kedepanya, dan yang terakhir sebagai bahan evaluasi agar kegiatan yang akan kita laksanakan di tahun 2017 dapat berjalan sesuai dengan harapan yang ingin dicapai," ujar Wardan, Jumat (26/8/2016).

Dikatakan Wardan lagi, kegiatan tersebut mempunyai nilai yang sangat tinggi dalam rangka upaya untuk memperkenalkan, mempromosikan promosi budaya dan wisata yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Kedepan kita berharap lakukan evaluasi lagi, Kedepan kita tingkatkan menjadi satu even yang memang bisa dipertandingkan memperebutkan piala Gubernur," katanya lagi.

Bupati juga berharap, demi membangunan kebudayaan-kebudayaan seni dan sebagainya dalam mengembangkan dan bisa dikenal oleh hal layak ramai  di indonesia dan negara lain. Untuk itu Bupati menghimbau kepada para pengusaha agar dapat memberikan suport dan dukungan sebagai sponsor. Sebab, anggaran dari pemerintah sangat terbatas.

"Ini kita tingkatkan menjadi kegiatan Even, karena kegiatan ini udah lama, seperti tari serumpun, sudah kita laksanakan tahun ke-11 sudah luar biasa," kata Wardan dengan wajah bangga.

Perekat budaya, lanjutnya lagi, mempererat hubungan antara, bukan hanya daerah, antar bangsa dan negara melalui kegiatan penampilan seni,".

Terakhir, Bupati melalui SKPD terkait, melalui Dewan Kesenian Riau Indragiri hilir, berharap agar ini memang dikemas, diprogramkan secara baik. sehingga pada masa-masa yang akan datang ini betul-betul dapat lebih di tingkatkan menjadi satu kegiatan even bergensi

Untuk diketahui, acara ini dimeriahkan dengan penampilan dari 9 sanggar dan penampilan dari Bujang Dara tingkat anak-anak hingga dewasa. Yang paling menarik perhatian masyarakat yakni penampilan dari pakaian yang di daur ulang.

Kesembilan peserta Gelar Seni Serumpun akan dilaksakan pada hari Sabtu 27 Agustus 2016 Pukul : 20:00 Wib.

1. Sanggar Pinang Merah Kuala Tungkal Jambi.
2. Sanggar Seni Kuantan Mekar (Kuansing-Riau)
3. Sanggar Bahiyya Dancer Trouope (Malaysia)
4. Sanggar Rumah Gadang Solok (Sumbar)
5. Sanggar Theater Limited (Singapura)
6. Sanggar Ratna Sari (Jakarta)
7. Sanggar Sanggar CSPC Serdang Bedagai (Sumut )
8. Sanggar Palalawan
9. Sanggar Sri Gemilang Tembilahan-Riau
10.Sanggar Citra Sebati Tembilahan-Riau

Bujang Dara Indragiri Hilir.

Dan yang terakhir, Pakaian Daur Ulang tingkat Sekolah SD, SMP, dan SMA.**/adv

Humas/Daud M Nur
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar