Daerah

Bupati Inhil Hadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman Pengadaan CPNS Penyuluhan Pertanian

HM Wardan

GagasanRiau.com, Tembilahan - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM.Wardan MP, menghadiri acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU), antara Menteri Pertanian dengan Bupati/Walikota se Indonesia, untuk menjamin pelaksanaan Pengadaan CPNS Penyuluh Pertanian dari Pelamar Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TB Penyuluh Pertanian ).

Kegiatan dilaksanakan di Kantor Kementerian Pertanian, Jalan Harsono RM No.3 Ragunan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Turut hadir beberapa pejabat Kabupaten Indragiri Hilir yaitu Kepala BKD, Kepala BP2KP, Kabag Umum dan Kapala Sub Bagian Dokumentasi dan Publikasi Bagian Humas.

Bersama bupati dan walikota se-Indonesia, Bupati Inhil menandatangani nota kesepahaman atau memorendum of understanding (MoU) pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) penyuluh pertanian dari pelamar Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu (THL-TB).

Acara penandatanganan MoU dilakukan langsung antara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pertanian dengan kepala daerah, disaksikan langsung oleh Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman.

Total jumlah THL-TB di Indonesia mencapai 25 ribu, dari total itu sebanyak 6.700 orang akan diusulkan pada proses pengadaan CPNS penyuluh pertanian oleh Kementerian Pertanian.

Salah satu item yang menjadi penekanan dalam MoU antara Kementerian Pertanian dengan kepala daerah, meningkatan status THL-TB penyuluh pertanian untuk diusulkan dalam proses pengadaan CPNS, melalui proses seleksi oleh BKN.

Salah satu ketentuan untuk mengikuti proses pengadaan CPNS ini minimal berusia 35 tahun pada 31 Desember 2016.

Seperti diketahui, jumlah THL-TB penyuluh pertanian Kab. Inhil yang mengabdi sejak tahun 2007 untuk memajukan sektor pertanian sebanyak 19 orang yang berkasnya disampaikan untuk diseleksi. Yang memenuhi kreteria Dari THL-TB yang berusia 35 tahun hingga tahun ini sebanyak 12 orang.

"Kita berharap dari jumlah ini seluruhnya bisa diangkat menjadi CPNS. Tentunya harus melalui proses seleksi yang memenuhi persyaratan, setelah melalui seleksi yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Nasional," kata Wardan.

H.M. Wardan MP selaku Bupati Indragiri Hilir sangat mendukung program pengadaan CPNS penyuluh pertanian, sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan di negeri ini, tak terkecuali Kabupaten Inhil.

"Tentunya kita mengharapkan mereka ini dapat menjadi PNS, dengan peningkatan status seperti ini kita mengharapkan para penyuluh-penyuluh pertanian dilapangan lebih lagi dapat meningkatkan kreabilitas mereka, meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas sebagai peyuluh pertanian dilapangan," katanya.**/Adv


Humas/Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar