Lingkungan

Ini Penyebab Meledaknya Speedboat di Perairan Indragiri

GagasanRiau.Com Tembilahan - Keposian Resort (Polres) Indragiri Hilir memaparkan penyebab meledaknya Speedboat (kapal motor. Red) bermerk Yusrifa di perairan Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, Rabu (23/11/2016) sore, sekitar pukil 15.30 Wib.

Diungkapkan Kapolres Inhil Dolifar Manurung Sik melalui Kasat Polair Polres Inhil, AKP Awaluddin Dalimunthe, meledaknya speedboat tersebut diakibatkan konseling/arus pendek yang mengeluarkan api dari kabel aki hingga menyambar kebagian tangki bahan bakar.

"Saat itu sekitar pukul 15.00 Wib, speedboat tersebut mengalami kerusakan di perairan Sungai Indragiri Tembilahan, tepatnya di depan Mako Sandar Sat Polair Polres Inhil. Setelah diperbaiki oleh ABK Speed Boat, mesinnya kembali distarter, namun tiba-tiba timbul percikan api dari kabel aki dan menyambar ke mesin sehingga menimbulkan kebakaran, dan menimbulkan ledakan dibagian bahan bakar," ungkap Dolifar.

Melihat hal tersebut, unit Kapal Pol IV- 2600 penjagaan Mako Sandar Sat Polair Polres Inhil berkerja sama dengan Kapal Pol IV- 3001 Dit Polair Polda Riau, langsung melakukan SAR terhadap korban laka laut Speedboat tersebut.

"Para personil langsung melakukan pertolongan dengan mengevakuasi penumpang SB Yusrifa sebanyak 21 orang penumpang sesuai dengan Daftar Manifes Penumpang SB Yusrifa dan 3 orang ABK ke Mako Sandar Sat Polair Polres Inhil dalam keadaan selamat," ungkapnya.

Sedangkan Speedboat sendiri tidak dapat diselamatkan dan habis terbakar serta tenggelam di perairan Parit 21 di depan Pelabuhan Pemda Kabupaten Inhil.
 
Akibat kejadian tersebut ditaksir kerugian mencapai lebih kurang Rp. 130.000.000.-(Seratus Tiga Puluh Juta Rupiah)

Kapolres mengapresiasi ketanggapan Personel Sat Polair yang dapat segera bertindak menyelamatkan penumpang dan ABK SB Yusrifa sehingga kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Reporter Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar