Daerah

Pemkab Rohil Geliat Membangun Jalan Alternatif dan Overlay

GagasanRiau.Com Bagansiapiapi - Pemkab Rohil Pacu Pembangunan jalan alternatif dan Overlay Jalan Dalam Kota Bagansiapiapi. Bupati Rokan Hilir H Suyatno meninjau langsung pembangunan jalan lintas pesisir dari tugu elang Batu Enam menuju jalan lingkar ke Pelabuhan Nelayan Bagansiapiapi. Jalan lingkar sepanjang 6 km itu rencananya disiapkan sebagai jalan alternatif jalan masuk ke kota Bagansiapiapi. Saat ini jalan yang menyisiri pesisir sedang ditimbun restu (Aucas-red).Di lapangan Bupati turut didampingi wakil Bupati H Jamiluddin, Sekda Surya Arfan, Kepala dinas/kantor dan para asisten.Peninjauan dilakukan, Senin (25/7) siang. Bupati dan rombongan memulai meninjau dari Batu Empat menuju Pelabuhan Internasional dilanjutkan meninjau Jalan Lingkar di dekat ujung pusat perkantoran tembus ke Pelabuhan Baru. Jalan lintas pesisir ini dibangun sebagai sarana mempercepat terbukanya daerah terisolir menuju kota Bagansiapiapi. Sebelumnya Bupati Rohil H Suyatno bahwa Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kembali memfokuskan pembangunan jalan lintas pesisir yang dilaksanakan dengan sistem tahun jamak atau Multi Years.

Foto : Bupati Rohil H. Suyatno bersama SKPD saat meninjau lokasi Jalan Lintas Pesisir dari Pelabuhan Baru Menuju Kawasan Perkantoran Batu 6 dan Jembatan Pedamaran I yang terus digesa Pemerintah Rokan Hilir dalam membuka keterisoliran daerah.



Foto : Jalan Lintas Pesisir dari Pelabuhan Baru Menuju Kawasan Perkantoran Batu 6 dan Jembatan Pedamaran I yang terus digesa Pemerintah Rokan Hilir dalam membuka keterisoliran daerah.


"Meski tahun ini terjadi defisit anggaran mencapai Rp812 miliar, kita tetap melaksanakan pembangunan jalan lintas pesisir," kata Bupati. Menurutnya, pembangunan jalan lintas pesisir sebagai jawaban atas perbaikan infrastruktur jalan yang saat ini masih buruk dibeberapa kecamatan di Rokan Hilir. "Misal jalan penghubung yang menjangkau ke arah Pedamaran II, Kecamatan Pekaitan, Kubu, Kubu Babussalam sampai ke Panipahan kecamatan Pasir Limau Kapas," jelasnya. Bupati berharap dengan sistem Multi Years diharapkan kualitas jalan yang dibangun sangat baik dan kuat apalagi mengingat lalu lintas masyarakat, jasa transportasi serta angkutan hasil perkebunan sangat tinggi dijalur tersebut. Pembangunan jalan lintas tersebut sudah menjadi komitmen pemkab untuk perbaikan infrastruktur yang menyeluruh, begitu juga dukungan dari anggota dewan. "Selain itu Pemprov juga akan mengucurkan bantuan sekitar Rp142 miliar, tentunya kita usulkan untuk program skala prioritas pembangunan infrastruktur jalan seperti Jalan Simpang Pujud-Bagan Sinembah, termasuk jalan lintas Bagan Sinembah-Simpang Kanan juga rusak parah. Jalan lintas seperti ini yang harus jadi prioritas kita bersama kedepannya," kata Bupati.

Foto : Jalan Lintas Pesisir dari Pelabuhan Baru Menuju Kawasan Perkantoran Batu 6 dan Jembatan Pedamaran I yang terus digesa Pemerintah Rokan Hilir dalam membuka keterisoliran daerah.


Bupati dan rombongan juga meninjau kondisi pelabuhan Bagansiapiapi kondisinya saat ini rusak parah. Pelabuhan tersebut merupakan aset Pemerintah Propinsi Riau. Dilokasi tersebut bupati memerintahkan jajaranya untuk membuat surat ke Gubernur agar aset tersebut bisa diserahkan ke Pemkab Rohil. "Apa salahnya, kita sama-sama plat merah, maju Rohil majunya Riau juga," tehasnya.Jalan ini lebih besar daripada jalan raya yang biasa digunakan menuju Bagansiapiapi. Bupati juga mencoba menelusuri hinga ke Pelabuhan Baru menggunakan mobil. Ditargetka  tahun ini jalan tersebut akan selesai dan setiap ada iven maka dipastikan Bagansiapiapi tidak akan lagi macet. "Kalau biasa kan acara tempat kita ramai dan jalan-jalan dipusat Kota ramai jadi kalau ada jalan alternatif ini maka akan memperlancar lalu lintas," katanya. Tak hanya itu jalan ini juga tembus ke Pelabuhan Bagansiapiapi sehingga bagi masyarakat yang ingin ke Pelabuhas bisa lebih cepat." Pungkas Bupati, Pemkab Rohil kembali anggarkan pembangunan overlay jalan dalam Kota Bagansiapiapi. Jika tidak dikerjakan, dana yang juga pernah dianggarkan tahun 2014 teancam hilang.

Foto : Kegiatan Overlay Dalam Kota Bagansiapiapi yang sedang di Kerjakan Rekanan.


Meski sudah pernah dianggarkan tahun 2014, terlambat proses lelangnya, overlay jalan dalam Kota Bagansiapiapi kembali dianggarkan tahun 2015. Jika tak dikerjakan juga, dana tersebut terancam hilang. “Memang jalan dalam kota Bagansiapiapi kecamatan bangko, ini banyak jalan yang parah.Sebenarnya 2014 sudah siap semua.Karena lambat memproses lelangnya tahun 2015 ini Muncul lagi, Sebenarnya tak ada masalah. Tahun ini kita buru di kerjakan lagi, over lay jalan dalam kota Bagansiapiapi dan sekitarnya, termasuk Jalan Masjid, Jalan Madrasah, parah-parah itu,” kata Bupati Suyatno. Jika masih lambat, Suyatno sudah tidak tahu lagi apa sebabnya. “Tahun ini kita kerjakan.Masih lambat juga, kita ndak tahu lagi. Saya sudah tekankan, ini sudah dua tahun anggaran, dalam kota Bagansiapiapi, tahun terakhir tidak ada lagi, uang itu akan hilang begitu saja,” penekanannya. Tidak hanya dalam Kota Bagansiapiapi, termasuk peningkatan jalan dari Batu Delapan ke Bundaran Pedamaran, tahun lalu menurut Suyatno juga sudah ada anggarannya, belum dikerjakan karena proses lelang lambat, tahun ini muncul lagi. Sedangkan peningkatan Jalan Bagansiapiapi-Sinaboi sudah tahap pengerjaan dan sekarang sudah bagus, menggunakan dana APBD Provinsi Riau.

Foto : Jalan Lintas Pesisir dari Kawasan Perkantoran Batu 6 dan Jembatan Pedamaran I yang terus digesa Pemerintah Rokan Hilir dalam membuka keterisoliran daerah.


Foto : Jalan Lintas Pesisir dari Kecamatan Sinaboi Menuju Kota Dumai yang terus digesa Pemerintah Rokan Hilir dalam membuka keterisoliran daerah.



“Tinggal lagi, Jalan Sinaboi-Dumai. Yang dihadapkan dengan HPH PT Diamond itu, belum ada izin pelepasan dari Kementerian Kehutanan Republik Indonesia, anggarannya sudah ada dari Pemerintah Provinsi Riau, terbentur lagi, karena DEDnya tidak ada. 55 kilo (KM) itu, DEDnya tidak ada.Tahun ini, batalkan lagi, lelang, peningkatan Jalan Sinaboi-Dumai,” kata Suyatno. (Advertorial/Humas/Gege Jun)
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar