Daerah

Bupati Siak, Syamsuar Ajak Lestarikan Budaya Melayu Hingga Ke Anak Cucu

GAGASANRIAU.COM, SIAK- Zu’udiya Aroyani tak canggung mendongeng dihadapan Bupati Syamsuar, Selasa (18/4) di Taman Baca Afrita Dara. Bupati dua periode itu tampak sesekali menganggukkan kepalanya sambil tersenyum dan bertepuk tangan, mendengarkan kisah Tuanku Tambusai yang disuguhkan siswi SD itu.

Gadis cilik, cucu dari pendiri pondok pesantren di Dayun itu, merupakan salah seorang peserta dalam lomba berpidato berbahasa melayu dan mendongeng yang ditaja oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip kabupaten Siak. Meski tampil dengan baik, Diya mengaku sedikit grogi ketika tampil di hadapan Bupati Siak itu.

Meski baru belajar, Diya mampu tampil dengan apik dan luwes mendongeng kisah seorang pejuang tangguh dari tanah Rokan itu. Hal tersebut membuat hadirin tamu undangan berdecak kagum oleh kemampuan yang dimilikinya.

Sebelumnya, Plt Kadis Perpustakaan dan Aset Wan Fazri Auli mengatakan, melalui kegiatan ini dapat mengasah bakat dan kemampuan peserta, serta dapat menumbuh kembangkan semangat dan motivasi budaya membaca, khususnya mengenai cerita rakyat.

Selain itu kata Wan Fazri, kegiatan ini juga untuk membudayakan bahasa melayu agar tidak terlupakan dan bentuk tanggungjawab kita sebagai orang melayu. Sehingga diharapkan bahasa melayu akan kembali muncul ditengah-tengah masyarakat.

Wan Fazri menjelaskan, melalui ajang ini pihaknya menjaring beberapa peserta yang berbakat untuk diadu kembali ditingkat provinsi maupun nasional. Dalam hal ini, pihak penyelenggara menerjunkan tim juri dari dinas dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan dinas Pariwisata serta Dinas Perpustakaan dan Aset sendiri kabupaten Siak.

Dikatakannya, sebanyak 84 orang peserta mewakili kecamatan-kecamatan se Kabupaten Siak, dan berlangsung selama dua hari. Adapun kriteria penilaian lomba pidato dan mendongeng tingkat SD hingga SMA dan umum, antara lain pidato kesesuaian isi dengan tema, sistematikan penulisan, bahasa yang baik dan benar, pidato bahasa melayu yang baik, improvisasi, ketepatan waktu dan lain-lain.

Dongeng-dongeng dan pidato yang diceritakan atau disampaikan tentu harus mengadung pesan moral dan edukasi sehingga bisa membangun karakter disiplin anak sejak dini," ujarnya.

Sementaraa Bupati Siak Syamsuar saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, untuk mengembangkan budaya baca dikalangan generasi muda perlu strategi atau upaya tepat serta berkesinambungan. Salah satunya melalui lomba-lomba seperti ini.

Disampaikannya, kegiatan lomba minat baca, mendongeng serta berpidato bahasa melayu dan  ini sangat bagus. Artinya, anak-anak sejak kecil sudah dikenalkan budaya daerah kita khususnya, dan budaya nusantara pada umumnya.

Pada kesempatan itu Bupati mengajak, para tamu undangan dan peserta yang hadir untuk melestarikan budaya melayu, hingga sampai ke anak cucu dan tak hilang di bumi melayu ini.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Siak sangat peduli terhadap pelestarian budaya, salah satunya dengan mengeluarkan surat edaran untuk PNS dan Honorer, yakni wajib berbahasa melayu, pada hari Kamis dan Jum’at.(RILIS)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar