Hukum

PARAH! Rutan Klas II B Tidak Punya Data Valid Jumlah Tahanan

Kondisi Rutan Sialang Bungkuk Pasca Rusuh

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Azhar, Amd IP, SH Kepala Pelaksana Harian (Plh) Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Sialang Bungkuk Pekanbaru menyatakan bahwa database jumlah tahanan di wilayah tugas barunya ini kacau balau. Ia menyatakan sebelum kejadian protes para tahanan beberapa hari lalu, ada 200 berkas belum di entry (memasukan. Red) ke database.

Baca Juga Untuk Pindah Kamar Tahanan Nyaman, Napi Transfer Uang ke Rekening Petugas Rutan Sialang Bungkuk

"Database Rutan secara rinci identitas Napi atau tahanan masih sulit kita dapatkan, terutama dari polisi, masalahnya sebelum kejadian ada 200 berkas belum di entry ke database, kini kita usaha pergi ke tiap kamar, dengan mencatat atau bertanya ke teman mereka sesama Napi, tapi ketika ditanya diberi tahu namanya Ican, Udin, nama panggilan saja" kaya Azhar kepada wartawan Selasa (9/5/2017).

Dan kata Azhar lagi, permasalahanya lagi volume tahanan yang masuk tinggi ke Rutan Sialang Bungkuk, untuk waktu satu minggu kiriman tahanan baru dari Polda minimal 50 orang dan satu bulan ada 200 tahanan baru.

"Satu orang tahanan butuh satu jam di entry datanya, satu hari paling bisa sepuluh tahanan, kesimpulannya yang belum sempat dimasukkan" ujarnya.
Untuk itu pasca kerusuhan beberapa hari lalu, kata Azhar pihaknya terpaksa mendata dari kamar ke kamar, setelah itu baru dimasukan ke data basenya.

Soal petugas Rutan dikatakan Azhar diganti semua dari Kanwil Hukum dan HAM Riau. "Tenaga bantuan 24 orang, yang lama masih diaktifkan seperti perempuan bagian staf operator" ulasnya.,

Sementara itu kata Azhar lagi, untuk tenaga pengamanan yang selama ini melakukan penganiayaan kepada Napi dan tidak disukai sudah tidak dipekerjakan lagi.

"Memang tak ada lagi karena dulu membuat terluka tahanan, kalau terlihat oleh Napi langsung emosi. Petugas laki-laki yang tetap masuk yang jaga pintu saja" ujarnya.

Dijelaskan Azhar, setelah 4 hari kejadian, kondisi Rutan makin membaik hari ke hari.

"Sabtu sibuk pengiriman tahanan, Senin sudah mulai baik, sudah masuk kamar dan bloknya, yang paling penting pasokan makanan lancar, dapur sudah masak, pelayanan kunjungan sudah mulai sejak Senin" terangnya

Dijelaskan Azhar lagi jumlah hingga hari ini Selasa pagi (9/5/2017) sebanyak 1313. "Yang lari 448, yang tertangkap 307, yang belum ditangkap 141, data jam 11.30 Wib" urainya.

Sementara untuk tahanan yang dipindahkan sejumlah 367 orang ke Lembaga Pemasyarakatan (LP)  di Jalan Lembaga 180 orang.

Reporter Wandrizal


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar