Hukum

Gelper Bermodus Judi Marak di Pekanbaru

ILUSTRASI

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Gelanggang Permainan (Gelper) bermodus "judi" marak di Kota Pekanbaru. Bahkan Gelper tersebut tersebar di Kota Bertuah ini. Pengakuan dari pemilik Gelper bahwa izin yang mereka dapatkan resmi dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Hal ini membuat Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Yose Saputra, Selasa (15/08/17) siang, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di 4 titik lokasi Gelanggang Permainan (Gelper) berkedok permainan anak-anak.

Yose mengaku Sidak ini sebelumnya mendapat laporan dari masyarakat karena diduga mengandung unsur Judi. Tak pelak, Politisi dari Partai Golkar tersebut langsung meninjau lokasi yang disebutkan.

Tinjauan diawali dari Jalan Riau tepat di samping Jalan H Guru Sulaiman. Banyak yang tidak mengetahui aktivitas adanya permainan Gelper diduga berkedok perjudian ini. Dari pantauan di depan lokasi hanya bekas gudang penyimpanan bahan bangunan. Namun, di belakang terlihat ada aktivitas Gelper.

Di tempat Gelper yang bernama Superstar ini, terlihat ratusan Gelper mulai dari mesin dingdong, mesin ikan dan mesin buaya dimainkan oleh kalangan usia dewasa. Sebagian pemain wanita bahkan membawa anaknya yang masih balita bermain disini.

Yose yang datang ke lokasi, langsung disambut oleh pengawas Superstar, bernama Rudi. Yose lalu diajak duduk di lokasi cafe yang berada di dalam arena Gelper tersebut. Usai mengobrol, Yose langsung keluar.

Kunjungan berlanjut ke arena Gelper City Game, yang berada si Jalan Riau (bekas bangunan Pujasera yang terbakar). Jumlah gelper kurang lebih ratusan ini didatangi. Pemain gelper usia dewasa, langsung lari berhamburan lewat pintu belakang saat awak media menyorot lokasi tersebut.

"Ini media dari mana," ucap salah satu petugas keamanan di lokasi tersebut.

Nyaris terjadi ketegangan di lokasi ini, beruntung pemilik Gelper City Game, Jhon Kosasi datang ke lokasi dan mendinginkan suasana.

Kepada awak media, Jhon mengungkapkan bahwa izin usaha Gelper yang dilakoninya tersebut, sudah mendapat izin dari Pemko Pekanbaru. Dia juga mengaku operasional Gelper ditempatnya itu dimulai pukul 10.00 wib hingga pukul 00.00 wib.

"Disini tidak boleh ada narkoba dan perjudian. Kita sudah pasang pengumumannya," terangnya.

Sementara, di arena gelper Phokemoon Jalan Riau (belakang automobil) Pekanbaru, juga menyediakan permainan anak-anak yang dimainkan oleh kalangan dewasa itu. Disini, ada 4 unit mesin bola dan 23 mesin ikan.

Termasuk Arena Bilyard yang disulap menjadi Arena game Center yang berada di Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru. Ditempat ini ada 11 unit gelper mesin ikan dan 3 gelper mesin buaya.

Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar