Sosbud

Mang Zul, 11 Bulan Jabat Kapolda Riau, Tanpa Asap Subuh & Jumat Keliling, Hingga Dikritik LSM Lingkungan

Inspektur Jenderal Drs Zulkarnain Adinegara

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Inspektur Jenderal Drs Zulkarnain Adinegara Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau meski baru sebelas bulan menjabat sebagai pimpinan di jajaran Institusi berseragam coklat ini, punya prestasi apik.

Mulai dari tidak terjadinya kabut asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang sempat membuat kekhawatiran masyarakat Bumi Lancang Kuning ini. Jenderal Bintang dunia ini juga punya kebiasaan kelilingi menjalankan ibadah sholat subuh serta sholat Jumat ke masjid-masjid yang ada di Kota Pekanbaru.

"Sejak jadi Kepala Kepolisian Resor 2001 selalu Shalat Subuh dan Jumat keliling ke semua masjid. Itu sebagai upaya mendekatkan diri kepada masyarakat," kata Irjen Pol Zulkarnain Adinegara ini kepada wartawan usai memimpin prosesi upacara kenaikkan pangkat serta pemberhentian personil yang tak displin Kamis (31/8/2017).

Dikatakan Kapolda lagi, kebiasaannya melaksanakan Sholat dan Jumat Keliling tersebut untuk memberi contoh kepada anggota kepolisian agar bermanfaat bagi masyarakat. Dicontohkannya, banyak polisi yang sok dan sombong maka dengan ajak Shalat keliling bisa hatinya menjadi lembut.

Soal kritikan LSM Lingkungan yang ditujukan kepada dirinya, Kapolda Riau juga menganggap hal yang wajar, bahkan katanya hal tersebut untuk dijadikan masukan bagi dirinya.

"Mungkin ada benarnya juga, itu bisa diperbaiki. Tapi saya sudah buka data 15 perusahaan yang diberhentikan perkaranya. Secara yuridis saya bisa debat dan dalam pra peradilan mereka sudah kalah. Tapi tetap ini jadi catatan dan masukan bagi saya," ujarnya.

Beberapa prestasi lainnya selama memimpin Irjen Pol Zulkarnain Polda Riau ini, ia juga tak segan-segan memerangi bandar dan peredaran Narkoba di Bumi Lancang Kuning ini. Dari beberapa kasus penangkapan hingga ada yang dipidanakan bahkan ditembak mati.

Namun Sang Jenderal ini dalam waktu dekat ini akan meninggalkan Bumi Lancang Kuning, pasca keluarnya Surat Telegram Kapolri tanggal 25 Agustus lalu. Irjen Pol Zulkarnain Adinegara akan dpindahtugaskan menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) tempat dimana ia dilahirkan di Bumi Sriwijaya.

"Namanya pindah ya pindah aja, saya di sini 11 bulan satu hari. Yang berkesan bagi saya selama disini tidak ada asap," kata Kapolda Riau.

Irjen Pol Zulkarnain yang akan menjadi Kapolda Sumsel akan digantikan Brigjend Pol Nandang yang saat ini Kapolda Sulawesi Barat. Serah terima jabatan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Selain Kapolda Riau, sejumlah perwira tinggi lainnya juga pindah tugas diantaranya Direktur Kriminal Umum dan Kriminal Khusus serta Wakil Direktur Ditresnarkoba.

Selamat Bertugas di Tempat Baru Jenderal

Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar