Lingkungan

PT RAPP Giring Isu PHK, Tapi Buka Lowongan Kerja

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Corporate Communication Manager PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP) Jarot Handoko membenarkan bahwa pihaknya membuka lowongan kerja saat Job Fair di Hotel Merdeka 16 hingga 18 Oktober 2017.

"Iya dan berakhir tanggal 18 Oktober" ungkapnya singkat ke GAGASANRIAU.COM Jumat malam saat ditanyakan soal lowongan kerja saat Job Fair tersebut.

Hal ini dirasa aneh, pasalnya beredar isu bahwa perusahaan milik Sukanto Tanoto tersebut akan memutus hubungan kerja pasca keluar surat peringatan kedua dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terhadap operasi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Dilansir dari riauterkini.com, Kamis (19/10/2017) salah satu Direktur PT. RAPP lainya, Ali Sabri mengatakan, dampak berhentinya seluruh operasional PT. RAPP antara lain adalah melakukan PHK atau merumahkan karyawan kurang lebih 16.000 orang dan berhentinya seluruh operasional di HTI PT. RAPP.

"Di mana ada 4.600 karyawan Kehutanan HTI, dan transport dirumahkan secara bertahap, 1.300 karyawan pablik berpotensi dirumahkan dalam beberapa minggu ke depan, dan pemutusan kontrak kerja sama dengan mitra pemasok yang secara total memiliki lebih dari 10.200 karyawan," terangnya.

Baca Juga Aktifis: PT RAPP Harus Tahu Diri, Belasan Tahun Masyarakat Riau Sengsara

Hal ini tentunya bertolak belakang dengan pelaksanaan Riau Job Fair di Hotel Mutiara Merdeka yang berlangsung pada 16 hingga 18 Oktober 2017.

Jumat siang  (20/10/2017) aksi massa dengan nama Gerakan Anak Negeri (GAN) Kabupaten Kampar, menyatakan bahwa PT RAPP sampai sejauh ini beroperasi dengan kondusif dan normal. Bahkan kata pendemo PT RAPP tersebut membangkang dengan keputusan pemerintah pusat untuk menghentikan operasional mereka sebagaimana intruksi Kemen LHK.

"Sampai hari ini, RAPP masih beroperasi dengan normal," kata Ahmad Sukur dilansir dari bertuahpos.com di depan gedung DPRD Riau.

Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar