Parlemen

Eksekutif Didesak Kian Kreatif Gali Sumber PAD dengan akan Diturunkannya Pajak Pertalite

Ilustrasi. (f: rtc)
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU-Anggota DPRD Provinsi Riau Suhardiman Amby meminta jajaran eksekutif di lingkup Pemerintah Provinsi Riau untuk semakin kreatif menggali sumber PAD (pendapatan asli daerah) menyusul dengan akan diturunkannya Pajak Pertalite yang saat ini tengah dibahas Pansus DPRD Riau. 
 
Menurut Suhardiman yang juga anggota Pansus Revisi Kedua Pajak Daerah, jika pajak pertalite resmi diturunkan maka masih banyak sumber PAD lain yang mesti digali lagi.
 
Sumber PAD lain yang dimaksud seperti menggesa pajak kendaraan bermotor, alat berat, air permukaan, progresif, dan lainnya. Selama ini diakuinya, upaya untuk itu masih tidak berjalan maksimal. 
 
''Selama ini upayanya masih mandul. Kalau perlu kita buat sistem pembayaran transfer. Jadi antara wajib pajak dan petugas tidak perlu bertemu, sehingga potensi kebocoran bisa diantisipasi,'' jelasnya. 
 
Lebih lanjut ia mengatakan, Pansus saat ini tengah membahas besaran Pajak Pertalite yang akan diturunkan. Direncanakan, dalam waktu dekat, hasil akhir revisi Pajak Daerah bisa disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Riau. 
 
''Yang jelas Pajak Pertalite ini jangan sampai membebankan masyarakat, kalau perlu tidak usah dipungut pajak. Kecuali memang ada jaminan ketersediaan pasokan premium,'' tutup politisi Hanura ini.***
 
Editor : Evi Endri
Sumber : riauterkini.com


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar