Riau

Pembukaan Asian Games 2018 Diawali Aksi Presiden Jokowi Naik Motor

Jokowi Menggunakan Motor
GAGASANRIAU.COM, JAKARTA- Presiden RI Joko Widodo menyemarakkan pembukaan Asian Games 2018. Ada aksinya naik sepeda motor sampai ke panggung acara pembukaan. Pembukaan Asian Games 2018 berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8/2018) malam, tepat pukul 19.00 WIB. Acara dibuka dengan cuplikan menyoal aksi Jokowi.
Dari Istana Negara, orang nomor 1 Indonesia itu ditampilkan melewati jalan-jalan di ibukota memakai sepeda motor. Pada satu titik, Jokowi sempat mempersilakan anak-anak sekolah berpakaian seragam Pramuka untuk menyeberang jalan.
Setelah itu Jokowi diperlihatkan kembali memacu kembali sepeda motornya. Dalam cuplikan video itu Jokowi digambarkan masuk ke arena GBK. Sosok bersepeda motor lantas benar-benar memasuki arena dan melintas ke back stage.
Dari belakang panggung, Presiden Jokowi pun kemudian muncul untuk mengawali pembukaan Asian Games 2018. Sajian tari Saman kemudian menjadi hiburan berikutnya.
Sesuai janji INASGOC, Upacara pembukaan Asian Games 2018 berlangsung luar biasa meriah. Pertunjukan demi pertunjukan dipentaskan dengan spektakuler dan menyihir penonton yang memyaksikan.
Pembukaan Asian Games 2018 digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8/2018) mulai pukul 19.00 WIB. Ini adalah pertama kalinya bagi Indonesia menggelar pesta olahraga se-Asia sejak yang terakhir pada 1962 alias 56 tahun yang lalu. Jakarta dan Palembang menjadi dua kota penyelenggara. 
Acara pembukaan diawali dengan tarian Saman yang mengagumkan. Sebanyak 5.000 penari dan performer memeriahkan acara ini di atas panggung raksasa nan megah. Denny Malik dan Eko Supriyanto didapuk sebagai penata tari. 
Berdimensi 120 meter x 30 meter x 26 meter, panggung itu diklaim sebagai panggung terbesar dalam pembukaan kejuaraan olahraga multi-event yang pernah ada. Dengan seting panggung berupa alam Indonesia yang dipresentasikan dengan gunung dan lautan yang indah.
Acara ini sendiri dibagi menjadi empat segmen; air, bumi, angin, dan terakhir api. Keempatnya mewakili nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. 
Presiden RI Joko Widodo menghadiri pembukaan dengan menaiki motor memasuki stadion. Lagu tema Asian Games "Meraih Bintang" dinyanyikan pedangdut Via Vallen untuk diteruskan dengan parade 45 negara peserta. 
Ada pemandangan unik ketika kontingen Korea Utara dan Korea Selatan bersatu dalam bendera Korea. Sementara itu, kontingen Palestina, negara yang masih dalam konflik, mendapat tepuk tangan meriah dari penonton di stadion.
Di dalam hiruk pikuk pesta olahraga, Asian Games 2018 tidak lupa untuk mengheningkan cipta untuk menghormati para korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang terjadi pada akhir Juli. Bencana itu merenggut ratusan korban jiwa dan menghancurkan ribuan rumah.
 
Presiden Jokowi akhirnya secara resmi membuka kejuaraan olahraga terbesar di Asia ini. "Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim Asian Games ke-18 tahun 2018 saya nyatakan dibuka," kata Jokowi disambut tepuk tangan meriah.
 
Pembukaan turut dimeriahkan oleh sederet penyanyi papan atas Indonesia seperti Tulus, Rossa, Cakra Khan, Raisa, Ariel 'NOAH', Putri Ayu, Anggun C. Sasmi, dan masih banyak lagi.
 
 
Memasuki bagian akhir acara, para legenda olahraga Indonesia secara estafet membawa obor ke kauldron gunung di panggung. 
 
Diawali oleh legenda loncat indah Lanny Gumulya masuk ke arena membawa obor lalu diserahkan kepada peraih emas karate Asian Games 1998, Arief Taufan. Obor kemudian berpindah tangan kepada Yustedjo Tarik sang petenis legendaris untuk diteruskan kepada Supriati Sutono, yang merupakan mantan pelari.
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar