Lingkungan

Bangkai Dugong Ditemukan Di Rupat Utara

Temuan Dugong (Ikan Duyung) di Desa Suka Damai Rupat Utara - (tribunnews)
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Hasil koordinasi dengan dinas terkait (KKP Kab. Bengkalis) membenarkan bahwa ditemukan seekor ikan duyung (dugong) telah mati terdampar.
 
Penemuan Bangkai Dugong yang merupakan satwa langka dan dilindungi ditemukan oleh nelayan Desa Suka Damai Rupat Utara, Kamis (6/9/2018) kemarin, langsung menghadirkan Balai Besar KSDA Riau, Isbanu SH. Kepala Seksi Pelayanan dan Pemanfaatan serta M. Zanir, SH. Kepala Seksi Konservasi Wil IV.
 
Menurut dia, penemuan Dugong di perairan Rupat Utara ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya pada pertengahan tahun 2017 lalu juga pernah ditemukan masyarakat.
 
Dugong ditemukan pada pukul 08.00 pagi pada hari kamis, 6 September 2018. Kemudian kedua nelayan menemukan bangkai tersebut langsung menghubungi pihak UPT Pangkalan Pendaratan Ikan Pulau Rupat melalui Pendamping Budidaya (Abdul Kadir, S.Pi.). 
 
Sejalan dengan itu Tim dari UPT PPI Pulau Rupat langsung turun ke lokasi penemuan dengan menggunakan SpeedBoat dan dilakukan penarikan menuju Pulau Kemunting Untuk Dilakukan Penguburan Dugong.
 
Tim Dari UPT PPI bersama beberapa nelayan melakukan Identifikasi Sebelum melakukan Penguburan. Panjang Dugong tersebut adalah 2.41 m dan lebar 1.65 m.
 
Editor: Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar