Riau

Ansor Riau Kerahkan 5000 BANSER untuk RABU PUTIH

Ketua PW GP Ansor Riau Purwaji (tengah) bersama aktifis Ansor lainnya
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Riau secara resmi mendeklarasikan “Gerakan Rabu Putih”. Lewat gerakan itu, GP Ansor Riau akan mengerahkan 5000 Banser untuk mengajak masyarakat tidak takut dan tidak malas ke TPS 17 April mendatang. 
 
Ketua PW GP Ansor Riau Purwaji mengatakan, gerakan itu sebagai reaksi atas semakin banyaknya hoaks dan fitnah mendekati hari pencoblosan 17 April. Hoaks dan fitnah itu dikhawatirkan akan membuat sebagian masyarakar ragu ragu bahkan takut datang ke TPS. Misalnya isu soal akan adanya kerusuhan, pengerahan massa ke TPS, dapur umum dan lain lain yang bisa mempengaruhi keinginan masyarakat ke TPS.
 
"Isu isu yang muncul membuat sebagian masyarakat takut ke TPS, Banser akan ikut membantu POLRI dan TNI untuk memberi rasa aman dan nyaman warga datang ke TPS. Intinya jangan takut dan ayo nyoblos," kata Purwaji di Pondok Pesantren Tahfizul Quran, Cahaya Hati, Pekanbaru.
 
Mencermati situasi menjelang pemilu 2019, PW GP Ansor  Provinsi Riau  mengeluarkan pernyataan sikap sebagai berikut. 
 
Pertama, PW Ansor Provinsi Riau memandang fenomena maraknya hoaks, fitnah dan ujaran kebencian telah mengakibatkan masyarakat terbelah dan mulai timbul rasa tidak percaya ditengah masyarakat. Jika hal demikan dibiarkan terus berlangsung, maka akan merusak tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
 
Kedua, PW Ansor Riau mengajak masyarakat Provinsi Riau memerangi hoaks, fitnah dan ujaran kebencian serta menciptakan kesejukan di sisa hari menjelang pemungutan suara pemilu 2019.
 
Ketiga, PW Ansor Riau meminta masyarakat tidak mempercayai isu akan adanya kerusuhan menjelang, saat, dan paska pemilu 2019, dan tidak perlu khawatir akan adanya intimidasi dari kelompok tertentu.
 
Keempat, PW Ansor Riau mendorong sekaligus percaya polri dan dibantu TNI bertindak profesional dalam menjamin stabilitas politik dan keamanan pemilu 2019. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau tidak perlu ragu menggunakan hak pilih mereka pada 17 April 2019 mendatang.
 
Kelima, PW Ansor Riau mengintruksikan kepada semua kader GP Ansor dan Baser se-Provinsi Riau untuk membantu polri dan TNI mengamankan situasi hari pemungutan suara dan perhitungan suara di TPS-TPS se-Provinsi Riau. Memperbanyak membaca Sholawat Asyghil di masjid, pondok pesantren, dan rumah.
 
Keenam, Demi mewujudkan pemilu 2019 yang aman, damai, dan demokratis, PW GP Ansor Riau mendeklarasikan gerakan “Rabu Putih”, yaitu sebuah gerakan masyarakat yang bertujuan memaksimalkan tingkat partisipasi masyarakat pemilih Provinsi Riau ke TPS dan menggunakan hak pilihnya/mencoblos pada pemilu 17 April 2019 secara bebas dan nyaman, tanpa rasa takut atau merasa terintimidasi oleh kelompok manapun. *(rilis).


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar