Riau

Bupati Siak Buka MTQ XIV Tingkat Kecamatan Sabah Auh

GAGASANRIAU.COM, SIAK  - Bupati Siak H Alfedri meresmikan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIV Kecamatan Sabak Auh 2019, Jumat (29/03/2019) malam lalu.
 
Momen ini sekaligus menjadi silahturahmi Alfredi dengan masyarakat setempat pasca dilantik menjadi Bupati Siak, baru baru ini.
 
Prosesi pembukaan MTQ XIV tingkat Kecamatan Sabak Auh 2019 ini berlangsung di Kampung Bandar Sungai. Ditandai dengan penabuhan Kompang oleh Bupati Siak bersama para Kiyai Assatidz dan santri Pondok Pesantren  Kecamatan Sabak Auh.
 
Dalam sambutannya, bupati menyebut Kabupaten Siak sebelumnya masuk peringkat tiga besar pada MTQ Provinsi Riau  2018 lalu.
 
Alfedri juga meminta para Qari dan Qariah harus berlatih ekstra meningkatkan kemampuan karena tidak ada kemajuan yang dicapai dengan instan.
 
"Saya sampaikan apresiasi atas terselenggaranya MTQ ke 14 tingkat Kecamatan Sabak Auh ini. Semoga dapat menjaring bibit unggul Qori dan Qoriah berbakat di ceruk-ceruk kampung sebagai pembaca dan penghafal Al-Quran," kata Alfedri. 
 
Apalagi, imbuhnya,  nilai-nilai isi kandungan Alquran hendaknya terimplementasikan dalam kehidupan sehari hari. Pun berdampak pada program pembangunan seperti halnya upaya mewujudkan Perbankan Syariah.
 
"MTQ yang dilaksanakan setiap tahun menjadi sarana evaluasi bagi kita semua dalam menghayati isi kandungan Alquran," tuturnya.
Ia menambahkan,  Alquran  tidak hanya dibaca tapi juga dipelajari agar dapat menjadi pedoman dalam menghadapi kehidupan. Karena itu mencintai Alqur'an adalah kewajiban kita semua sebagai muslim.
 
Selain itu, pemerintah Siak sendiri, kata Alfredi,  kini sedang mempersiapkan hadirnya lembaga keuangan yang sesuai dengan tuntunan syariah. Misalnya perbankan syariah, koperasi syariah, dan BUMKam syariah melalui kerjasama dengan salah satu universitas keuangan
 
"InshaAllah kita akan kirim 100 orang anak Siak yang untuk menempuh pendidikan ilmu ekonomi syariah, agar terwujud perekonomian yang Qur'ani" ucap mantan Ketua Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten  Siak ini.
 
Serangkaian kegiatan menyambut MTQ ini digelar pihak panitia seperti Pawai Ta'aruf. Sementara untuk kategori yang dipertandingkan ada juga Tilawah, Hifzil 1-15 Juz, Fahmil, Syaril , Qhatil Qur'an dan Marhaban dengan jumlah peserta sebanyak 217 orang.* (Arifin)
 
Editor  : Arif Wahyudi.
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar