Daerah

Milad Inhil ke-54 Dimeriahkan Lomba Gasing dan Menyolak Kelapa

Lomba gasing olahraga tradisional meriahkan Milad Inhil
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Dalam peringatan Milad ke 54 Kabupaten Indragiri Hilir, masyarakat disuguhi dengan kemeriahan melalui beragam perlombaan permainan rakyat. Begitu pula, Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Kabupaten Inhil yang menyajikan perlombaan permainan rakyat berupa lomba Tarik Tambang, lomba gasing dan lomba menyolak kelapa.
 
Aneka perlombaan tersebut diselenggarakan di lapangan Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Kabupaten Inhil, Jalan Prof M Yamin, Tembilahan, Sabtu (15/6/2019).
 
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Kabupaten Inhil, Ir H T Edi Efriza MP mengatakan, permainan rakyat bersempena Milad Ke 54 Kabupaten Indragiri Hilir ini diikuti oleh beberapa utusan dari kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Indragiri Hilir.
 
“Cukup ramai yang berpartisipasi, tentunya ini akan menambah semarak perlombaan dalam rangka Milad Ke – 54 Kabupaten Inhil,” kata T Edi kepada awak media.
 
T Edy menuturkan, tidak hanya untuk menyemarakkan Milad Kabupaten Inhil, perlombaan permainan rakyat yang digelar oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman ini diharapkan juga bertujuan untuk menjalin silahturrahmi antar sesama masyarakat.
 
“Mudah mudahan dengan acara perlombaan ini dapat memupuk tali silaturahmi antara masyarakat dan Instansi pemerintah,” katanya.
 
Sementara, pihak panitia penyelenggara, Yusnaldi menjelaskan, pemainan rakyat ini selain diikuti dinas dan instansi, juga diikuti oleh masyarakat dari Kecamatan Tempuling, Batangtuaka, Gaung, GAS dan Kecamatan Terdekat yakni? Kecamatan Tembilahan Hulu dan Tembilahan Kota.
 
“Kita melaksanakan perlombaan tradisional ini, dimulai pada tanggal 15-16 Juni 2019, untuk gasing itu 2 hari baru selesai Peserta terdiri dari masayarakat Umum dan instansi pemerintah,” jelas Yusnaldi.
 
Plt  Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, RM Sudinoto memandang, gelaran perlombaan dalam rangka Milad Ke – 54, akan lebih bermanfaat untuk menumbuhkan rasa memiliki terhadap daerah.
 
“Dalam rangka memeriahkan Milad Ke – 54 Inhil, seperti biasa kita mengadakan pesta rakyat, baik berupa acara maupun lomba agar masyarakat merasa memiliki Inhil, tidak hanya memandang Inhil dimiliki oleh pemerintah semata,” kata Sudinoto.
 
Sudinoto menilai, peringatan Milad Ke – 54 Kabupaten Inhil Tahun 2019 tergolong sukses. Menurutnya, hal tersebut dapat dilihat melalui tingkat partisipasi masyarakat dalam setiap rangkaian kegiatan yang diselenggarakan.
 
“Alhamdulillah, Milad ke – 54 ini berjalan dengan baik. Selain kegiatan perlombaan, juga ada kegiatan sosial lainnya,” ungkapnya.
 
Sebagai koordinator Milad Ke – 54 Kabupaten Inhil, Sudinoto berharap, ke depan penyelenggaraan acara peringatan Milad dapat berjalan maksimal, masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dengan terlibat langsung dalam kepanitiaan.
 
“Kalau bisa, kedepan panitia penyelenggara perlombaan dilaksanakan oleh masyarakat sesuai dengan kondisi dari segi finansial dan sosial masyarakat,” tutur Sudinoto.
 
Adapun pemenang dari sejumlah rangkaian perlombaan permainan rakyat yang digelar oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Kabupaten Inhil dalam rangka Milad Ke – 54 Kabupaten Inhil, ialah sebagai berikut:
 
Tarik Tambang
Putra
 
1. BRI
2. Sei.Dusun
3. THL Parakim II
4. Satpol PP
 
Putri
 
1.Satpol PP
2.Kejaksaan
3.Perakim
4.Perakim II
 
Menyolak Kelapa
 
1. Ehen
2. Opi
3. Suhaimi
4. Suhaili
 
Gasing
 
1. Wawan / S.Jaya
2. Dinsos
3. Ijam/ Sungai Iliran
4. Satrio / Sungai Dusun


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar