Daerah

Festival Sampan Leper 2019 di Kuala Getek Masuk Nominasi API Kategori Terpopuler

Festival sampan leper di Kuala Getek tahun 2019
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Festival Sampan Leper (mendayung sampan diatas lumpur) di Kuala Getek, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir, masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia Award (API) tahun 2019 untuk kategori wisata budaya terpopuler. 
 
Hal tersebut diungkapkan Kadis Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal ST MSi saat menghadiri pembukaan festival tahunan tersebut yang dibuka secara resmi oleh Bupati HM Wardan MP, Sabtu (3/8/2019) pagi.
 
"Sampan leper masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia Award (API) tahun 2019 untuk kategori wisata budaya terpopuler, yang dilaksanakan bulan Juli lalu menduduki posisi kedua dari hasil voting yang telah dilakukan selama 2 bulan," sebutnya
 
Melalui penyelenggraan event ini, tutur Fahmizal, Dispora dapat meng-endrose rating sampan leper sebagai upaya pengembangan wisata berbasis budaya di Kabupaten Inhil ini, sebagai sepenggal kisah rakyat tentang asal-usul sampan leper yang kini telah menjadi even tahunan Kabupaten ini.
 
Sementara itu, Bupati HM Wardan menuturkan, sebelum dikukuhkan menjadi sebuah even, sampan leper dulunya adalah merupakan sebuah moda transportasi yang kerap kali dimanfaatkan oleh masyarakat di wilayah Kuala Getek untuk menyeberang saat sungai tengah dalam kondisi surut.
 
"Dapat dikatakan, masyarakat kala itu tidak ingin kalah dengan alam, pada kondisi sungai yang surut. Jadi, memanfaatkan sampan leper ini untuk menyeberang sungai, meski sungai sedang surut tidak menjadi hambatan," ujar Bupati.
 
Lebih lanjut Bupati mengatakan setelah sukses meraih juara 3 Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2018 dengan daya tarik wisata Gema Muharram untuk kategori wisata Halal terpopuler, tahun 2019 ini Inhil kembali masuk nominasi API 2019 untuk kategori atraksi budaya terpopuler, yakni wisata Sampan Leper.
 
Bupati Wardan mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Inhil untuk memberikan dukungan, agar kabupaten Inhil meraih kembali API Award tahun 2019, demi kemajuan Pariwisata Indragiri Hilir tercinta, dengan cara voting melalui SMS, Ketik API (SPASI) 11 kirim ke 99386.
 
"Periode Voting telah dimulai dan akan berakhir pada 31 Oktober 2019, sekali lagi mari kita dukung dan berikan voting sebanyak-banyaknya," tutup Bupati.
 
Untuk diketahui, festival yang dilaksanakan selama dua hari tersebut terdiri dari 2 kategori dengan jumlah peserta lomba pacu sampan leper beregu berjumlah 24 tim, serta lomba pacu sampan leper perorangan berjumlah 33 orang.
 
Reporter: Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar