Daerah

Dandim Kerahkan Regu Patroli Pantau Rawan Titik Api di Wilayah Inhil

Mengendarai sepeda motor, regu Patroli Karhutla langsung melaksanakan patroli di wilayah rawan titik api, Minggu (15/09/2019).
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Andrian Siregar, S. I. P selaku Dansub Satgas 08 memerintahkan Pasi Ops Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Tarmizi untuk segera membentuk regu Patroli Karhutla dan langsung melaksanakan patroli di wilayah rawan titik api, Minggu (15/09/2019).
 
Perintah ini dikeluarkan menyusul adanya indikasi titik api di wilayah Kecamatan Tempuling yang semakin hari semakin bertambah. Sehingga cuaca di seluruh Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diselimuti kabut asap yang tebal.
 
Padahal, sudah beberapa hari bahkan sudah hitungan minggu, seluruh anggota Kodim 0314/Inhil di kerahkan ke lokasi pemadaman untuk membantu pemadaman. Namun sampai saat ini kabut asap di Inhil malah semakin pekat.
 
Mendapat perintah tersebut, dengan sigap Pasi Ops Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Tarmizi menunjuk Pasi Intel Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Zainuar sebagai komandan Patroli Karhutla beserta empat orang anggota untuk melaksanakan Patroli Karhutla.
 
Dengan beranggotakan empat orang, Kapten Inf Zainuar langsung bergerak melaksanakan Patroli di wilayah Pangkalan 7 Kecamatan Tempuling.
 
Dari mulai parit 1, sampai parit 7 semuanya dinetralisir regu patroli. Seluruh jalan yang bisa dilalui semuanya bersih di telusuri regu patroli. Dari mulai berkendaraan hingga berjalan kaki dan bahkan regu patroli ini pun masuk ke dalam kebun-kebun masyarakat dan hutan. 
 
Setiap berjumpa dengan masyarakat,tak luput dari pemeriksaan dan pertanyaan regu patroli.
 
Pasi Intel Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Zainuar menjelaskan maksud dan tujuan di adakannya patroli ini agar mempersempit ruang gerak masyarakat yang dengan sengaja melakukan pembakaran lahan dan hutan. 
 
"Bahkan lebih bagusnya bisa menangkap tangan pelaku pembakaran lahan dan hutan," ujarnya 
 
Selain memantau dan mencari pelaku Karhutla, regu patroli inipun melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak lagi ada yang coba coba membakar lahan ataupun hutan.
 
Pasi Intel Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Zainuar berharap dengan di lakukan nya patroli ini, titik api di wilayah Inhil khususnya Kecamatan Tempuling bisa cepat teratasi dan pelaku pembakaranpun bisa cepat tertangkap untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.
 
Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar