Riau

Cek Pintu Air di Sepanjang Sungai Siak, Kombes Pol Badarudin Siagakan Personilnya Antisipasi Banjir

Kombes Pol Badarudin, Direktur Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Riau bersama personilnya mengecek pintu air sepanjang Sungai Siak Jumat siang (1/11/2019)
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU- Kombes Pol Badarudin, Direktur Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Riau bersama personilnya mengecek pintu air sepanjang Sungai Siak. Memasuki musim hujan kedepan, seluruh personil dan armada pendukung disiagakan untuk membantu masyarakat yang terkena banjir. 
 
Mengemudikan Speed Boat Kombes Pol Badarudin bersama personilnya menyusuri Sungai Siak 6 pintu air pada Jumat siang (1/11/2019).
 
Dirinya ingin memastikan saluran air yang menjadi pintu keluar masuk air dari pemukiman warga di Kota Pekanbaru ke Sungai Siak baik dan bersih dari sampah karena acap kali membuat saluran air tersumbat sehingga mengakibatkan banjir.
 
"Iya kemarin kami melakukan pengecekan saluran air di Sungai Siak dalam rangka antisipasi banjir. Ada enam pintu air yang berpotensi melepas air dari Sungai Siak ke pemukiman warga. Saat air sungai meluap pasti lewat jalur itu. Maka kami harus pastikan saluran air berfungsi dengan baik," kata Badarudin Minggu (3/11/2019) pagi.
 
Pengecekan pintu air ini terangnya untuk mengantisipasi banjir tidak hanya dilakukan di Pekanbaru, Badarudin akan mengerahkan seluruh jajarannya di daerah untuk melakukan hal serupa. Karena menurutnya lebih baik melakukan pencegahan dan berjaga-jaga daripada tidak memiliki persiapan sama sekali.
 
"Hal seperti ini akan dilakukan di seluruh wilayah di Riau yang rawan banjir dan kami juga siapkan satu taktikal, dua RIB, empat perahu karet, kalau kurang kami tambah lagi. beberapa set alat selam, dan dua regu tim SAR, 20 personel untuk membatu masyarakat jika terjadi banjir. Kita akan beri pertolongan,  mengevakuasi dan juga memberi bantuan kepada masyarakat yang terkena banjir, lanjutnya.
 
Lebih lanjut,Badarudin mengimbau masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai  untuk tidak membuang sampah di sungai. Sebab sampah jadi salah satu penyebab banjir karena drainase tersumbat.
 
"Kami juga ingatkan masyarakat selalu waspada, jika hujan di malam hari. Jangan sampai terlena karena bisa banjir, jangan sampai terbawa arus," imbau Badarudin.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar