BBKSDA, Pemkab Siak dan Korporasi Lakukan Pengecekan dan Sosialisasi

Heboh! Harimau Sumatra Tertangkap Kamera di Siak

Seekor harimau sumatra tertangkap kamera berada di Jalan Poros Taman Nasional Zamrud
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sejak beberapa hari yang lalu, keberadaan harimau sumatra yang tertangkap kamera sedang berkeliaran di sekitar Lapangan Zamrud, wilayah operasional PT BOB-BSP di Siak viral di media sosial. Lokasi yang tidak bergitu jauh dari pemukiman masyarakat ini membuat masyarakat sekitar resah.
 
Menanggapi kondisi tersebut, Kepala Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau, Suharyono, bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait. Pihaknya sudah memasang camera trap dan juga melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait kejadian tersebut.
 
"Kawasan tempat keberadaan harimau tersebut merupakan kawasan Taman Nasional Zamrud Kabupaten Siak yang merupakan site habitat harimau yang ada di lensekap Kampar," ujar Suharyono pada Senin (4/11/2019).
 
Suharyono mengatakan bahwa penemuan harimau di kawasan tersebut bukan hal yang langka. Kawasan yang paling sering terpantau adanya harimau yakni di sekitar Pos BBKSDA, yang berdelatam dengan Sumur Zamrud 5 dan 6. Titik tersebut berada kurang lebih 10 km dari Km 10.
 
"Sebelum munculnya video viral tersebut, masyarakat juga sudah melaporkan adanya keberadaan harimau 25 Oktober 2019 lalu. Kami juga sudah melakukan pengecekan dan sosialisasi," ungkap Suharyono. 
 
Untuk lokasi tempat penemuan itu sendiri hanya berjarak 5 km dari kompleks perumahan PT BOB yang berada di luar Taman Nasional.
 
Sedangkan untuk video yang viral beredar tersebut, lokasinya berada di Jalan Poros Km 23. Daerah tersebut sudah berada di kawasan Taman Nasional Zamrud dan diperkirakan diambil pada 1 November 2019.
 
"Kita sudah berkoordinasi dengan Pemkab Siak dan PT BOB untuk berpatroli, memasang kamera trap dan juga sosialisasi ke masyarakat," tutup Suharyono.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar