Daerah

Dandim 0314/Inhil Pimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke 71

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal, pimpin upacara peringatan Hari Bela Negara ke-71 di Halaman Kantor Bupati, Kamis (19/12/2019). Letkol Inf Imir Faishal bertindak sebagai inspektur upacara (Irup).
 
Upacara dimulai dengan mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh Anggota Kodim 0314/Inhil. Kemudian, pengucapan UUD 1945 oleh, dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Bela Negara.
 
Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faishal menyebutkan hari bela negara ini dicanangkan untuk menghormati dan mengajak semua warga negara untuk membela negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggung jawabnya bela Negara.
 
"Tidak bisa hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, tapi harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi,Serta harus memiliki relevansi untuk membangun SDM yang Unggul, menggali kembali pancasila sebagai dasar negara pandangan hidup dan nilai dasar bela negara dan di sesuaikan dengan kondisi kekinian yang di hadapi oleh masyarakat kata Dandim membacakan amanat Presiden RI.
 
Selain itu, sebagaimana yang diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat, jelasnya.
 
"Untuk itu, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI," ujarnya.
 
Lebih lanjut dibacakan Dandim 0314/Inhil, tanpa sikap dan perilaku bela Negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah tidak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang di cita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa.
 
Oleh karenanya, penanaman nilai dasar Negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama, ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga Negara yang dijamin oleh Undang-undang, tutupnya.
 
Hadir upacara itu, Bupati dan Wakil Bupati Inhil, HM Wardan dan H Syamasudin Uti, Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Inhil, Ketua Pengadilan Agama Inhil, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kabag, Ketua Persit, Ketua Organisasi Wanita dan jajaran, serta Veteran.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar