Sosbud

Pekanbaru Charity Berikan Hadiah Khitan untuk Puluhan Pelajar SD

Para peserta khitan Pekanbaru Charity tampak antusias mengikuti acara
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Di penghujung tahun 2019, bertepatan dengan hari libur anak sekolah, Pekanbaru Charity menggelar kegiatan Khitanan Masal yang dilaksanakan pada Sabtu (28/12/2019) di Rumah Sakit Lancang Kuning Pekanbaru. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Pekanbaru Charity, yang merupakan Mitra Pengelola Zakat (MPZ) Dompet Dhuafa.
 
Founder Pekanbaru Charity, Lexie Wahyuni, menyebutkan bahwa ini merupakan agenda tahunan dan sudah tahun kedua kegiatan ini dilaksanakan. Tahun ini ada 43 orang anak yang berasal dari kelompok dhuafa dan anak yatim di Pekanbaru. 
 
"Alhamdulillah setelah dua bulan kita mempersiapkan kita berhasil menggalang dana dan mengumpulkan 43 orang anak untuk dikhitan secara gratis," ujar Lexie.
 
Leie menyebutkan bahwa pada khitanana tersebut, seluruh peserta merupakan siswa kelas ! hingga jelas 6 SD di Pekanbaru. Untuk itu ia menamakan program ini sebagai Hadiah Khitan untuk Anak Soleh.
 
Selain itu, di kegiatan ini Pekanbaru Charity dan Dompet Dhuafa juga melibatkan beberapa pihak untuk mendukung terselenggaranya kegiatan. Di antaranya seperti FTBM, Gramedia, dan beberapa komunitas lainnya di Pekanbaru. Sementara donatur untuk kegiatan ini tersebar tidak hanya di Pekanbaru saja, bahkan ada yang berasal dari Sumbar dan Jawa.
 
"Alhamdulillah di kegiatan kali ini kita menyasar kelompok dhuafa untuk meringankan beban mereka dengan mengkhitan anak-anak mereka secara gratis," sebut Lexie.
 
Salah satu peserta, Ibu Mai, mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan seharian penuh ini. Ia sangat senang karena bisa ikut mendaftarkan murid-muridnya yang tergolong dhuafa untuk ikut program khitanan gratis.
 
"Awalnya kita mencari dermawan yang bisa mengkhitan seorang murid kita karena beberapa bulan kemarin sempat ditolak. Karena satu keluarga hanya satu orang sementara ia bersama saudara kembarnya. Alhamdulillah ada kegiatan ini, dan tidak hanya satu, delapan orang murid saya akhirnya bisa ikut serta," sebut May yang merupakan Walikelas di PDTA Masjid Abidin Jalan Sutomo.
 
Di kesempatan yang sama, Direktur RS Lancang Kuning selaku RS Wakaf Dompet Dhuafa, dr Pradipta Suarsyaf MMRS menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini. Ia menyatakan bahwa RS Lancang Kuning sangat terbuka dan mendukung berbagai kegiatan amal.
 
"Kita sangat support kegiatan-kegiatan seperti ini. Dalam bulan depan juga kita akan adakan operasi katarak gratis di sini," sebut Pradipta.
 
Andrika dari Dompet Dhuafa Riau juga mendukung kegiatan-kegiatan dari MPZ seperti ini. Dompet Dhuafa tidak hanya menyalurkan donasi kepada MPZ seperti Pekanbaru Charity semata, namun juga dilakukan pembinaan, pengawasa, dan pemberdayaan agar donasi tersebut tepat sasaran.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar