Riau

Jenderal Bintang Dua di Riau Ini, Ikut Pikul Selang Padamkan Karhutla di Pulau Rupat

Kapolda Riau saat memikul selang air memadamkan Karhutla di Pulau Rupat Utara Bengkalis Senin (27/1/2020)
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau terjun langsung ke lokasi ke Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Pulau Rupat Utara Desa Titi Akar, Kabupaten Bengkalis. Tim Pemadam Karhutla yang dipimpin Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto itu sudah berjibaku selama 17 hari memadamkan api di lahan gambut tersebut.
 
"Anggota di lapangan sudah berusaha keras memadamkan api membakar lahan gambut di Pulau Rupat Utara. Kemarin sore (26/1), usai melihat aplikasi Dashboard Lancang Kuning, masih ada titik api. Ya kita turun, ikut memadamkan dan memberi semangat kepada Tim Pemadam," ungkap Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat meninjau lokasi Karhutla Senin (27/1/2020).
 
Saat itu, dengan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) nya, Kapolda Riau ini tak segan-segan ikut memikul selang air bersama Tim Pemadam Karhutla. Meski basah kuyup di tengah terik cuaca panas Kapolda Riau tak memperdulikannya.
 
Agung berharap dengan kehadirannya ini dapat memompa semangat Tim Karhutla yang sudah 17 hari memadamkan api di lahan gambut tersebut. Bahkan Agung tak sungkan-sungkan saat beristirahat makan nasi bungkus bersama dengan personilnya ini di atas lahan bekas terbakar yang sudah dipadamkan dan didinginkan.
 
Dikatakan Agung, bahwa langkah pemadaman yang dilakukan Tim terpantau secara jelas di aplikasi Dashboard Lancang Kuning. Dengan adanya aplikasi itu menurut Agung memudahkan Polda Riau untuk mengkonsolidasikan kekuatan dan penanganan Karhutla di wilayah hukumnya.
 
"Terimplementasi dengan baik (aplikasi Lancang Kuning). Kita monitor lalu kita bertindak dan mencari solusi secepatnya agar Karhutla tak berlarut-larut," kata Agung usai pemadaman didampingi Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Riau Kombes Pol Drs Rahmat Hidayat, Dansat Brimob Polda Riau Kombes Pol Abdul Hasyim, dan Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto.
 
Kapolda Riau juga memuji kekompakan Tim Karhutla yang dipimpin oleh AKBP Sigit Adiwuryanto ini yang gigih memadamkan api di lapangan.
 
 
Sebagai informasi, Tim Pemadam Karhutla ini terdiri dari Polres Bengkalis, Masyarakat Peduli Api (MPA), TNI AD, Satpol PP, Manggala Agni KLHK, serta pemadam kebakaran dari PT Sumatera Riang Lestari.
 
"Pihak perusahaan juga menurunkan dua alat untuk menyekat api jangan menjalar kemana-mana. Selain itu, juga dibuat embung dan mengerahkan peralatan pemadaman lainnya," ujar Kapolda Agung.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar