Nasional

Cegah Banjir dan Longsor, Korem 083/Baladhika Jaya Tanam Rumput Vertiver

Danrem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Zainuddin melakukan penanaman rumput vertiver.
 
GAGASANRIAU.COM, MALANG - Saat ini, hampir seluruh daerah di Jawa Timur mulai gencar menanam rumput vetiver di setiap titik lokasi yang dinilai rentan akan bencana banjir dan tanah longsor.
 
Setelah sebelumnya penanaman rumput itu dilaksanakan di wilayah Korem 082/CPYJ, kali ini giliran Korem 083/Baladhika Jaya yang melaksanakannya. Kegiatan penanaman rumput itu dipusatkan di daerah Gunung Banyak, Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (19/2/2020).
 
Penanaman rumput vetiver itu dipimpin langsung Danrem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Zainuddin dan diikuti beberapa Forkopimda di wilayah Malang Raya dan Kabupaten Pasuruan, hingga beberapa elemen masyarakat setempat.
 
"Rumput vetiver ini mampu mencegah erosi dan sedimentasi. Rumput yang kita tanam ini, fungsinya untuk melindungi lahan-lahan kritis,” ujar Perwira Menengah TNI-AD kelahiran Kota Palembang itu.
 
Danrem juga menilai, selain mampu mencegah erosi dan sedimentasi, vetiver juga memiliki beberapa manfaat lain, termasuk keberadaan akar yang sangat kuat pada rumput tersebut sehingga mampu mencengkram di kedalaman tanah. "Rumput ini sangat sempurna untuk dijadikan sarana mencegah terjadinya longsor," ungkapnya.(rls)
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar