Pendidikan

Implementasi Unri Wujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Implementasi Unri Wujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka
 
 
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebagai upaya tindak lanjut program kampus merdeka yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Universitas Riau (Unri) lakukan kerja sama dengan Universitas Pasir Pagaraian, Universitas Muhammadiyah Riau, Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan, dan Rumpun Melayu Nusantara (Laskar Hulubalang Melayu Nusantara).
 
Kerjasama ini di perkuat dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) antar kedua belah pihak yang dilaksanakan di Aula Convention Center Hotel Labersa Kampar, Kamis, (4/3/2020) dalam rangkaian kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Unri Tahun Penganggaran 2021.
 
Pada kesempatan ini Rektor Unri, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, menyampaikan kerja sama ini merupakan upaya Unri dalam rangka meningkatkan Program Tridharma Perguruan Tinggi guna menyikapi kebijakan Mendikbud, yaitu Kampus Merdeka yang merupakan kelanjutan dari konsep Merdeka belajar.
 
Ruang lingkup yang tertuang dalam kerja sama ini meliputi pengembangan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga pilar ini terwujud melalui studi lanjut dosen, kerjasama penelitian, kerjasama publikasi, kerjasama pengembangan jurusan atau program studi, kerjasama penyelenggaraan seminar atau konferensi, pemagangan dosen, pertukaran mahasiswa, pembimbingan riset dan tugas akhir mahasiswa, dan pengabdian kepada masyarakat.
 
“Kedua belah pihak bersepakat untuk mengadakan kerja sama dalam memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan pengabdian kepada masyarakat, di antaranya penyelenggaraan program penyelamatan hutan mangrove di Provinsi Riau. Program penyelamatan hutan mangrove Riau sebagaimana dimaksud, Universitas Riau sebagai penyedia tim tenaga ahli dan tenaga pendukung yang dibutuhkan dalam program pnyelamatan hutan mangrove Riau, dan Laskar Hulubalang Melayu Nusantara Provinsi Riau sebagai penyedia pembiayaan dan pelaksana kegiatan pada Program penyelamatan hutan mangrove Riau,” tutur Aras Mulyadi.
 
Aras mengatakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka sudah dimasukkan ke dalam indikator universitas. Pihaknya sepakat menandatangani kerja sama antara Unri dengan pihak terkait. "Semoga bisa menjadi wahana pengembangan pendidikan serta karakter bagi mahasiswa dan dosen baik di jalur akademik maupun pengembangan pembentukan karakter Sumber Daya Manusia (SDM),” ujar Rektor.
 
Penandatangan ini dokumen kerja sama ini dilakukan oleh Rektor Unri Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, Dekan Fakultas Teknik Unri Dr Ir Ari Sandhyavitri MSc, Dekan Fakultas Pertanian Unri Dr Ir Syafrinal MS, Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Drs Yuhelson MT, Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan Prof Dr Karya SE MA, Wakil Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan Salmiyati MPd PhD, Rektor Universitas Pasir Pagaraian Dr Adolf Bastian MPd, Plt. Dekan Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian Dr Pada Lumba ST MT, dan Datuk Panglima Laskar Hulubalang Melayu Nusantara Provinsi Riau Ir Bukhari Rasyid.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar