Parlemen

Anggota DPRD Pekanbaru dari Fraksi Golkar Kunjungi Penderita Tumor Ginjal

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Pekanbaru mengunjungi Pitera, bocah 7 tahun yang mengidap Tumor Ginjal yang pada saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Pekanbaru Medical Center (PMC).
 
Kedatangan Fraksi juga turut didampingi langsung Ketua DPD Golkar Pekanbaru, Sahril MH dan Ketua Harian, Roni Amriel.
 
Sahril menuturkan, kunjungannya beserta rombongan hari ini adalah berawal dari perintah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Golkar Riau yang merasa iba melihat kondisi dari bocah yang duduk dikelas 1 Sekolah Dasar (SD) ini.
 
"Ini berawal dari rasa kemanusiaan dan disini ada kewenangan dan kewajiban pemerintah untuk memelihara kesehatan masyarakat, dalam hal ini Partai Golkar melalui Ketua Fraksi DPRD Pekanbaru untuk membawa Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan Pekanbaru untuk melihat kondisi Pitera," ujar Sahril, Sabtu (08/02/2020).
 
Sementara Ketua Fraksi Golkar DPRD Pekanbaru, Masni Ernawati menuturkan bahwa kedepannya Partai Golkar akan bersiap bekerja untuk kegiatan sosial.
 
"Sebenarnya anak kita kita ini (Pitera) dari Kabupaten Rokan Hilir, tapi karena kami prihatin dan terlebih Pitera dirawat di Pekanbaru kami ikut serta untuk berpartisipasi. Semoga dengan apa yang kami berikan dapat meringankan beban keluarga," tuturnya.
 
Lebih jauh, Erna menyebut akan terus mengawal pengobatan bocah malang tersebut hingga mendapatkan kesembuhan.
 
"Dengan Dinas Sosial dan dengan Dinas Kesehatan Pekanbaru mereka menyatakan kesiapan untuk bekerja bersama untuk membantu Pitera," terangnya.
 
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pekanbaru, Chairani yang turut menjenguk menuturkan pihaknya akan membantu Pitera untuk mencapai kesembuhan.
 
"Pitera ini adalah warga Bagan Siapi-api, dan di Rohil mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Ini bisa kita bantu untuk rujuk untuk penanganan lebih lanjut dari rumah sakit ini," jelasnya.
 
Lebih lanjut, Chairani menuturkan pihaknya pada hari Senin (10/02/2020) akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi untuk perawatan lebih lanjut.
 
"Bisa jadi perawatan tidak hanya dilakukan di Riau, namun juga bisa jadi menjalani perawatan di Jakarta," ungkapnya.
 
Selanjutnya, berkaca dari kasus yang dialami Pitera. Chairani menghimbau bagi masyarakat yang melihat ada warga yang sakit parah dan membutuhkan pertolongan untuk segera membawanya kerumah sakit.
 
"Ingat, laporkan ke Dinsos Pekanbaru ataupun Dinas Kesehatan. Termasuk juga RT/RW harus peka dengan masyarakatnya," ucapnya.
 
Ditemui ditempat yang sama, Dr Hariadipsi Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan menuturkan kondisi Pitera saat ini sangat memperihatinkan dan harus segera diambil tindakan medis lebih jauh.
 
"Penyakit ini kejar-kejaran dengan waktu, dan bisa jadi dirujuk kerumah sakit lainnya karena rumah sakit yang saat ini adalah tipe C. Untuk kelengkapan SDM dan perawatan untuk type D," jelasnya.
 
Selanjutnya, Dr Haria menjelaskan penyakit yang diderita Pitera adalah Tumor. Dan pada awalnya dilihat dari postur tidak dapat dipastikan dari mana asal tumor tersebut, apakah dari lambung ataupun ginjal.
 
"Tadi saya konfirmasi tumor nya bukan di lambung, tapi di ginjal. Dan ini juga sudah melalui pemeriksaan melalui Ct Scan dan juga USG," terangnya.
 
Melihat kondisi perut bocah yang duduk dibangku kelas satu SD ini, Dr Haria menuturkan tumor tersebut sudah menjalar ke bagian pencernaan dari perut Pitera.
 
"Saat ini kan sudah membesar, jadi sudah menekan ke pencernaan, dan kita saat ini hanya bisa terus berusaha," pungkasnya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar