Sosbud

Polisi di Pekanbaru Bantu Warga Dumai Melahirkan Sendiri, Nyawa Anak dan Ibu Terselamatkan

Para petugas saat membantu perempuan yang nekat melahirkan sendiri di Kota Pekanbaru
GAGASANRIAU.COM,  PEKANBARU - Aiptu Zamhur, Polisi yang kesehariannya bertugas di Unit Reskrim Polsek Pekanbaru Kota bersama pihak rumah sakit dan bidan membantu seorang wanita yang melahirkan sendiri di emperan ruko deretan Hotel Sabrina Jalan Tuanku Tambusai, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau.
 
Kejadian itu berawal saat dirinya sedang bertugas di Pos Polisi Gurindam 2, ketika itu dirinya didatangi seorang warga yang melaporkan bahwa ada seorang perempuan telah melahirkan sendiri di dekat Hotel Sabrina Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru.
 
Saat itu, ia bersama personil polisi lainnya, di Pos Gurindam 2 bertugas menjaga penutupan Jalan Sudirman dan HR Soebrantas dalam rangka Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru, Minggu (04/5/2020) sekitar pukul 10.00 Wib. 
 
"Mendengar laporan warga itu, selanjutnya kita yang berada di Pos langsung bergegas melaporkan ke Rumah Sakit terdekat yaitu RS Tabrani sambil langsung ke TKP menggunakan ambulan," kata Aiptu Zamhur, saat dihubungi Minggu Siang (3/5/2020).
 
Saat tiba di lokasi kejadian, dirinya menemukan kondisi ibu dan bayi yang melahirkan tersebut selamat.
 
Namun kata Zamhur, sang ibu terlihat pucat dan lemas usai persalinan yang dilakukannya sendiri.
 
Dikatakan Zamhur, perempuan yang melahirkan tersebut itu tidak mau dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan perawatan medis.
 
"Ibu itu menolak waktu kita mau bawa ke rumah sakit, walau pun kita bersama perawat sudah membujuk rayunya," ujar Zamhur.
 
Lantas, Aiptu Zamhur kemudian meminta kepada warga sekitar untuk mencari bidan dan membawanya ke lokasi kejadian. 
 
Belakangan diketahui, ibu yang melahirkan sendiri itu bernama, Sandi Br Nababan (26) warga asal Dumai dengan alamat sementara di Jalan Dagang Gg Persahabatan, Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru. 
 
Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya SIK MH juga membenarkan penyelamatan ibu dan bayinya tersebut dan ini merupakan bagian dari tugas dan pelayanan polisi kepada masyarakat.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar