Parlemen

Harga Gula Pasir Naik, Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Desak Pemko Segera Operasi Pasar

Anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi PDI Perjuangan, Robin Eduar SE MH
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi PDI Perjuangan, Robin Eduar SE MH, mendesak Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) segera melakukan operasi pasar.
 
Permintaan itu menyusul naiknya harga Gula Kristal Putih (GKP) menjadi Rp20.000/kg. Padahal Robin menyebutkan, Harga Eceran Tertinggi (HET) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 7 tahun 2020 yakni Rp 12.500/kg.
 
"Bulog dan Disperindag harus segera melakukan operasi pasar. Masyarakat sudah panik ditengah penyebaran Covid-19, jangan dicekik lagi dengan naiknya harga sembako," kata Robin, saat berbincang-bincang bersama wartawan, Selasa (14/04/2020).
 
Dia juga mendesak aparat kepolisian dan Disperindag Kota Pekanbaru, meninjau ke lapangan dan melakukan pengecekan digudang penyimpanan GKP saat ini. Termasuk para pedagang eceran yang menaikkan harga gula secara sepihak.
 
"Jangan sampai ada pedagang yang nakal sengaja menimbun sembako untuk mencari keuntungan besar di masa penyebaran Covid-19 saat ini," tegasnya.
 
Sebagaimana diketahui, pergerakan harga GKP dalam dua bulan terakhir trennya terus naik secara signifikan. Pada bulan Februari 2020, HET GKP masih Rp 15.000/kg. Kemudian, di bulan Maret 2020 naik Rp 17.000 per kg. Dan dibulan April 2020 naik lagi menjadi Rp18.000-20.000 per kg.
 
"Jika dihitung, kenaikannya bisa mencapai 17-18% per bulan. Bulan April saat ini ada kenaikan 60% dari HET. Mengapa harga gula melonjak karena kembali ke hukum pasar. Pasokan sedikit, permintaan tinggi," tutupnya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar